Seorang Musafir Sejati selalu meninggalkan jejak dalam perjalanannya. Dan ini lah jejak dari perjalanan hidupku.

Judul ARTIKEL kali ini agak nyeleneh. Siapa sih yg butuh tutorial cara merebus telur dan mie instant? Saya yakin semua orang bisa, tapi APAKAH CARANYA SUDAH BENAR? Saya yakin pasti ada yang bilang begini, “Rebus telur aja ngapain repot, pakai teori segala. Cukup isi panci dengan air, masukan telur, dan nyalakan kompor. Ketika air sudah mendidih, telur juga dah matang, beress…..”

Cara merebus telur yg demikian saya sebut cara lama, yang sering dilakukan orang sejak dahulu kala. Hasilnya telur rebusnya bisa bagus bisa juga jelek. Kalo hasil yang jelek itu misalnya cangkang kulit pecah, kalo dikupas masih agak nempel ke kulitnya, atau mungkin kuning telurnya keliatan alias tidak berada di tengah2 putih telur.

Suatu ketika, saya makan nasi padang dengan lauk telur rebus. Selama beberapa kali makan di rumah makan itu, saya perhatikan telurnya rebusnya selalu bagus, kuningnya berada di tengah-tengah putih telur. Iseng-iseng saya bertanya sama penjualnya, bagaimana merebus telur yang rapi seperti telur rebus yg sering saya pesan. Ternyata penjual tsb tidak pelit dan bersedia bagikan resep telur rebusnya.

boil_egg

Cara dia merebus telur adalah demikian:
1. Isi panci dengan air, lalu masukan sedikit garam
2. Panaskan air dengan api besar sampai terlihat ada gelembung kecil (dia pakai kompor gas)
3. Masukan telur perlahan-lahan, pakai penjepit
4. Biarkan sampai 3-5 menit, tergantung tingkat kematangan yg diinginkan
5. Jadilah telur rebus yang bentuknya SEMPURNA.

Pasti ada yang masih berkomentar gini, “Bentuknya mau bagus mau jelek, kalo udah masuk ke perut ya sama aja”.

Memang benar, namun komentar tsb merupakan EGO dari diri Anda yang merasa SUDAH NYAMAN dengan cara lama. Logikanya gini “Kalo ada cara baru yang lebih baik, mengapa harus mempertahankan cara lama?“. Membuat telur rebus memang terlihat gampang dan sepele, tapi sering kali hal sepele tersebut justru yang mempengaruhi emosi seseorang dalam bertindak menentukan pilihannya. Dan pilihan seseorang bisa menentukan masa depan semua orang.

Yang kedua adalah cara merebus mie instant. Kebanyakan orang membuat mie instant sesuai petunjuk yang ada di bungkusan. Yaitu didihkan air, masukan mie, rebus 3 menit, lalu masukan bumbu.

Tapi ada satu cara cara memasak mie yang lebih sehat, dan sudah dikenal lama oleh masyarakat kita. Coba perhatikan tukang bakmie yang berjualan. Dalam satu tungku untuk memasak mie, didalamnya ada 2 air yang berbeda. Pertama adalah air yang keruh, untuk memasak mie. Kedua adalah air yang lebih jernih, untuk membersihkan mie.

Demikian juga cara memasak mie instant yang benar.
1. Panaskan air sampai mendidih
2. Masukan mie, dan rebus selama 2-3 menit
3. Keluarkan mie ke mangkok/piring, dan buang air rebusan tadi
4. Panas air lagi sampai mendidih.
5. Tuangkan air panas tsb ke mie yang sudah direbus tadi.
6. Masukan bumbu dan aduk sampai merata.

Cara demikian memang lebih repot dan dua kali kerja. Namun inilah cara memasak mie yang benar dan lebih sehat. Tujuan membuang air rebusan yang pertama adalah untuk mengungai zat kimia pada mie instant yang larut dalam air.

Mungkin ada yang berkomentar gini “Mie instant sudah dikonsumsi keluarga kami sejak zaman papa masih muda. Dimasak dengan cara biasa sampai sekarang keluarga kami sehat-sehat aja”

Ya oke, saya mengerti. Kata-kata itu keluar dari EGO diri Anda yang merasa SUDAH NYAMAN dengan cara lama. Perlu diketahui, zaman dulu dan zaman sekarang itu berbeda. Dulu makanan yang menggunakan zat kimia tak sebanyak zaman sekarang. Jadi alangkah baiknya kalo dikurangi sedikit demi masa depan yang lebih baik.

Sekali lagi…EMOSI bisa mempengaruhi PILIHAN seseorang. Dan PILIHAN seseorang bisa menentukan MASA DEPAN banyak orang. Tapi EMOSI SESEORANG justru dipengaruhi oleh HAL-HAL YANG DIANGGAP SEPELE.

Tulisan kali ini hanya sekedar menyampaikan HAL SEPELE mengenai cara menikmati hidup.
Have a nice day….

About these ads

Comments on: "TEKNIK MEREBUS TELUR DAN MIE INSTANT YANG BENAR" (2)

  1. Anymous said:

    Bentuknya mau bagus mau jelek, kalo udah masuk ke perutu ya sama aja.. Hehe.. piss.. mas bro just qding :P, btw emang sulit buat bikin telur rebus yang sempurna buat mie instan kalo yang ngak tau caranya dan berebeda dengan kita memasak nya dengan minyak alias di goreng, btw nice share..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: