KONTROVERSI ASURANSI UNIT LINK [Bagian 1]

Pada kesempatan kali ini, saya sekedar sharing informasi dan pengetahuan saya mengenai asuransi, khususnya Asuransi Jiwa Unit Link. Sebab belakangan ini yang paling populer adalah asuransi jenis ini. Tapi saya disini bukan bermaksud promosi atau jualan produk asuransi tertentu, hanya sekedar membagikan pengetahuan supaya teman-teman semua punya sudut pandang sendiri terhadap asuransi jiwa.

 

Ternyata artikel ini panjangnya melebihi prediksi saya, oleh karena itu saya bagi jadi beberapa bagian.

Part 1: Pengenalan Asuransi Jiwa

Part 2: Macam-macam Asuransi Jiwa

Part 3: Kontroversi Unit Link

Part 4: Alternatif Unit Link

 

PENGENALAN ASURANSI JIWA

 

unit_link_1

 

Gambar diatas adalah sebuah gambar yang sudah sangat terkenal, sebuah objek gambar yang bisa memiliki dua arti. Jika dilihat dari satu sisi, gambar diatas adalah seorang gadis muda yang elok memakai kalung dan mantel bulu sedang menoleh ke arah kanan, sedangkan jika dilihat dari sisi lainnya gambar diatas adalah gambar dari samping wajah nenek tua yang renta.

 

Sungguh menarik, sebuah gambar tapi memiliki sudut pandang yang berbeda. Tapi artikel kali ini saya mau membagikan pengetahuan mengenai ASURANSI UNIT LINK. Sama seperti gambar diatas, ternyata asuransi unit link juga memiliki dua atau lebih sudut pandang yang berbeda. Dan saya mencoba sharing dari SUDUT PANDANG SEORANG PEDAGANG.

 

 

MENGAPA HARUS PUNYA ASURANSI JIWA?

 

Bagi sebagian orang, membicarakan asuransi jiwa merupakan hal yang TABU. Karena biasanya pembicaraan asuransi jiwa itu berhubungan dengan kematian dan sakit.

 

Walaupun tabu, tapi asuransi jiwa itu merupakan hal yang penting untuk dimiliki setiap individu, terutama bagi PENCARI NAFKAH.

 

Mengapa demikian?

Oke, mari saya jelaskan menurut sudut pandang seorang pedagang.

 

———————————————————————-

Saya pernah piara seekor ayam kampung. Selalu saya rawat dengan baik sejak dia masih kecil sampai udah jago berkokok. Tapi suatu ketika, ayam saya mati ditabrak motor di depan mata saya dan penabraknya kabur begitu saja.

 

Karena tidak tau mau ngapain, akhirnya ayam itu saya bawa ke pasar dan dihargai 25rb rupiah.

 

JIKA AYAM YG SUDAH MATI AJA HARGANYA 25.000 RUPIAH, BAGAIMANA DENGAN HARGA MANUSIA YANG MATI !??

 

MANUSIA BERHARGA JIKA MASIH HIDUP, TAPI HANYA PERUSAHAAN ASURANSI YANG BERANI BAYAR DENGAN HARGA TINGGI UNTUK MANUSIA YANG MATI.

———————————————————————-

 

Cerita diatas hanya sedikit guyonan mengenai asuransi jiwa. Tapi bukan karena masalah ini kita membutuhkan asuransi jiwa. Kebutuhan asuransi jiwa lebih cenderung ke persoalan TANGGUNG JAWAB MORAL sebagai manusia.

 

Sekarang kita beralih ke cerita yang beneran mengenai manfaat asuransi jiwa.

 

———————————————————————-

Misalnya ada seorang lelaki berusia 40 tahun, punya seorang istri yang cantik dan bohai seperti Jessica Alba dan juga seorang anak yang masih kecil tapi lucu dan berbakat seperti Brandon de Angelo dari acara TV Indonesia Mencari Bakat.

 

Lelaki ini seorang direktur marketing di sebuah perusahaan besar di Jakarta, karirnya menanjak dengan cepat dan sangat di sayang oleh bosnya. Karena merasa yakin dengan karirnya, lelaki ini mengambil sebuah rumah yang nyaman di daerah Bukit Sentul dan dia menyekolahkan anaknya dia sebuah sekolah bagus yg bisa mengembangkan bakat anaknya.

 

Suatu ketika, lelaki ini pulang kerja mengendarai mobil. Di dalam tol menuju rumahnya, tiba-tiba mobilnya mati mesin di tengah jalan dan bersamaan dengan itu ada sebuah bis yang melaju kencang menyambar mobilnya hingga terbolak-balik dan lelaki ini cedera parah.

 

Setelah dilarikan ke rumah sakit, ternyata nyawanya tidak tertolong lagi.

 

Dan tentu saja istri dan anaknya sedih sekali karena kehilangan orang yang dicintai. Dan yang lebih sedih lagi, lelaki ini meninggalkan hutang cicilan rumah yang cukup besar, dan tentu saja hutang itu harus dilunasi istrinya.

 

Karena kehilangan pencari nafkah, cicilan rumah itu terasa sangat berat ditanggung. Belum lagi masalah biaya pendidikan anaknya yang harus terhenti. Dari perusahaan, sang istri hanya menerima santunan uang jasa dan uang kematian yg tidak seberapa.

 

Namun beberapa hari kemudian, sang istri ditelp oleh seseorang notaris. Dalam pembicaraan telp itu sang istri diajak janji ketemuan di suatu tempat. Dan alangkah terkejutnya sang istri, karena notaris itu menyerahkan sejumlah kenang-kenangan dari sang suami. Termasuk sebuah warisan POLIS ASURANSI JIWA yang bernilai 5 MILLIAR.

 

Dengan demikian keluarganya masih bisa tinggal di rumah impian yang nyaman, dan anaknya masih bisa melanjutkan pendidikan dan mengembangkan bakat menjadi seorang bintang.

—————————————-

 

Cerita diatas merupakan cerita dari seorang lelaki yang bertanggung jawab, sudah merencakan dan memikirkan masalah keuangan dan masa depan keluarganya dengan baik. BAGAIMANA DENGAN ANDA??

 

Jika dijelaskan dengan bahasa yang singkat MANFAAT ASURANSI ADALAH UNTUK MENGURANGI RESIKO KERUGIAN SECARA FINANSIAL.

 

Uang memang bukan segalanya, tapi tanpa uang segalanya juga jadi sulit. Maka dari itu, memiliki asuransi jiwa merupakan hal yang sangat penting.

 

Tapi masalahnya adalah, ASURANSI APA YANG HARUS SAYA PILIH?

 

Jawaban untuk pertanyaan diatas ada di artikel selanjutnya.

(To be continue ….)

 
Disclaimer

Penulis tidak berafiliasi dengan perusahaan asuransi apapun ataupun agen asuransi manapun. Semua tulisan diatas murni PENDAPAT PRIBADI dari penulis, mohon maaf sebesar-besarnya jika ada pihak-pihak yang tersinggung.

 

Salam,

Tito Zheng (Pedagang Komputer di Mangga Dua)

Categories: Unit Link 1 | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: