Renungan Untuk Resolusi Awal Tahun

Tanpa terasa satu tahun telah berlalu, dan sekarang sudah memasuki tahun 2011. Tentu sepanjang 2010 banyak hal yang sudah terjadi dan harus disyukuri hal-hal baik yang terjadi di tahun 2010. Di awal tahun, biasanya orang selalu membuat RESOLUSI BARU (goal setting) yang ingin dicapai pada tahun yang baru. Dalam kesempatan ini saya ingin membagikan suatu RENUNGAN di awal tahun ini, supaya pembaca sekalian mendapatkan inspirasi dalam mencapai resolusinya.

 

Untuk memudahkan saya menyampaikan ide, saya menggunakan perumpamaan dalam menyampaikan renungan kali ini.

 

Bayangkan Resolusi Tahun 2011 ini bagaikan SEGELAS AIR PUTIH yang segar untuk melegakan tenggorokan yang haus.

new_year_1

Namun segelas air putih itu tidak muncul begitu saja bukan? Anda harus mempersiapkan gelas dan air. Demikian juga dengan resolusi Anda, tidak tiba-tiba muncul begitu saja, Anda harus mempersiapkannya.

 

 

1.  GELAS MINUM

Bayangkan GELAS yang dipakai adalah MINDSET Anda. Kita sekarang hidup di zaman baru yang disebut ERA KONSEPTUAL. Di zaman yang baru ini, kesuksesan seseorang bukan semata-mata ditentukan oleh kerja keras melainkan pola pikir, pengetahuan, dan ide-ide yang dihasilkan.

 

Gelas/Wadah air minum tiap individu berbeda-beda, ada yang besar ada yang kecil. Ada yang dangkal, ada yang dalam. Ada yang lonjong ada yang bulat. Maka dari itu kesuksesan tiap orang juga berbeda-beda, tergantung bagaimana orang itu menyediakan gelas bagi dirinya sendiri.

new_year_2

 

Dulu masyarakat Tionghua perantauan sering mengatakan “Kesuksesan dihasilkan dari 70% kerja keras dan 30% berkat Tuhan”.

 

Filosofi tersebut memang benar, tapi sudah ketinggalan zaman. Di Era Konseptual ini, definisi tersebut harus diubah sedikit menjadi:

–  50% Mindset

–  20% Kerja Keras

–  30% Berkat

 

Mindset seseorang menjadi faktor penentu terbesar dalam mencapai kesuksesan. Kenapa? Karena zaman sekarang, orang tidak perlu banting tulang lagi untuk mendapatkan kesuksesan. Hampir semua FASILITAS SUDAH TERSEDIA, telekomunikasi, internet, transportasi, dan sebagainya.

 

Anda hanya perlu memiliki PENGETAHUAN atau KEAHLIAN untuk memanfaatkan fasilitas tersebut untuk membuat Anda sukses. Atau bahkan mengembangkan fasilitas yang sudah ada sehingga Anda lebih sukses lagi.

 

Cara yang SULIT untuk mempelajari pengetahuan/keahlian adalah dengan belajar dari pengalaman pribadi. Jadi Anda lakukan saja apa yang hendak dikerjakan dan terus menyempurnakan hasil yang sudah dikerjakan.

 

Cara yang GAMPANG untuk mempelajari pengetahuan/keahlian adalah dengan belajar dari pengalaman orang lain. Anda bisa sekolah yang tinggi, bergaul dengan banyak teman, dan ikut berbagai seminar. Setelah belajar, maka praktekan sendiri. Dengan latihan yang tekun maka Anda bisa memperoleh pengetahuan/keahlian orang lain.

 

Cara yang PALING GAMPANG untuk mempelajari pengetahuan/keahlian adalah dengan belajar dari pengalaman orang lain melalui MEMBACA (termasuk membaca artikel saya). Dengan cara ini, Anda bisa belajar banyak hal dalam satu waktu sekaligus sambil dipraktekan. Sangat praktis dan bisa dilakukan kapan dan dimana saja.

 

Ada 3 cara, tergantung bagaimana Anda untuk merespon. Anda boleh melakukan ketiganya sekaligus untuk hasil yang terbaik, tapi komposisinya saya anjurkan lebih banyak membaca.

 

GELAS seperti apa yang Anda siapkan untuk minum, semua kembali pada pilihan Anda.

 

 

2.  MENUANG DAN MENAMPUNG AIR MINUM

Memang kedengarannya sepele, tapi ini salah satu hal yang harus Anda lakukan untuk memperoleh segelas air minum.

 

Sekali lagi saya ingatkan bahwa kita hidup di Era Konseptual, dimana segala fasilitas sudah tersedia. Maka dari itu Anda mengganggap menuang air minum adalah hal yang sepele. Tinggal putar kran air, maka air akan keluar secara otomatis dan tinggal di tampung dalam gelas minum (di Indonesia, air dari kran masih harus disaring melalui filter air minum).

new_year_3

 

Dan seperti yang sudah saya kemukakan diatas bahwa kerja keras mengambil porsi 20% dari faktor kesuksesan. Kalo Anda putar kerannya kencang, maka air yang keluar juga lebih kencang dan gelas lebih cepat terisi. Kalo putarnya pelan maka airnya juga keluar sedikit.

 

Seberapa cepat Anda ingin mengisi gelas minum, semua kembali pada pilihan Anda. Intinya Anda tetap harus memutar kran.

 

 

3.  AIR MINUM

Selain menyediakan gelas dan menuangkan air, jangan lupa bagian terpenting dalam menyiapkan air minum, yaitu AIR itu sendiri.

 

Ada kuasa-kuasa tertentu yang tidak tampak tapi bisa kita rasakan, yang membuat air itu bisa tersedia untuk kita minum. Misalnya saja gaya gravitasi, yang membuat air jatuh dari langit ke gunung. Kemudian air mengalir dari tempat yang tinggi menuju tempat yang rendah, sampai akhirnya masuk ke dalam gelas yang kita sediakan.

new_year_4

 

Itu semua adalah kuasa-kuasa yang tidak tampak, tapi bisa kita rasakan. Sering orang menyebutnya sebagai BERKAT TUHAN. Maka dari itu kita harus bersyukur kepada Tuhan atas berkat yang diberikan kepada kita semua.

 

Maka dari itu faktor Berkat Tuhan mengambil porsi 30% dari penentu kesuksesan.

 

Tuhan itu ada, berupa kekuatan/kuasa yang mengatur alam semesta ini sehingga segala sesuatu bisa terjadi. Kita tidak bisa melihat, tapi bisa merasakan kekuatan-Nya. Bahkan kuasa ini ada di dalam diri kita, dan membantu kita mewujudkan semua keinginan kita. Yang perlu kita lakukan hanyalah MEMBIARKAN KUASA ALAM SEMESTA TERJADI dalam hidup Anda, seperti kita membiarkan air jatuh dari langit dan kemudian mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. (catatan: ingat untuk ditampung juga dalam gelas Anda).

 

Untuk membiarkan kuasa ini membuat resolusi Anda bisa terwujudkan ada beberapa hal kecil yang harus dilakukan

–  Masuk dalam kamar dan mengunci pintu

–  Masuk dalam keheningan, bayangkan ada kekuatan yang mengalir melalui Anda

–  Mulai berdoa dalam hati, sebutkan semua keinginan Anda (jika sosok Buddha, Yesus, Dewa Kuankong, dll bisa membantu Anda lebih khusyuk dalam berdoa silahkan gunakan imajinasi tsb)

–  Bayangkan apa yang Anda diinginkan sudah terjadi

–  Bersyukurlah

 

 

Dengan melakukan hal-hal sederhana seperti diatas, maka Anda sudah membuka diri dan hati, sehingga KUASA bisa mengalir dalam diri Anda dan membantu semua keinginan Anda terwujudkan. Semoga sebelum Akhir Tahun 2011, Gelas Anda sudah terisi penuh bahkan berkelimpahan untuk dibagikan dengan teman-teman dan keluarga Anda.

 

 

SELAMAT TAHUN BARU.

May The Force be With You

Categories: Resolusi Tahun Baru | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: