HITLER DIADILI DENGAN TUDUHAN PEMBERONTAKAN

HITLER DIADILI DENGAN TUDUHAN PEMBERONTAKAN

Setelah revolusi menggulingkan pemerintahan provinsi Bavaria gagal total, Hitler dan sejumlah tokoh Nazi tertangkap, banyak orang mengira karir politik Hitler sudah tamat. Dan Adolf Hitler juga sempat berpikir demikian. Tapi lagi-lagi MASA DEPAN berpihak pada Hitler.

Peristiwa revolusi tersebut menarik perhatian kalangan wartawan, maka banyak wartawan yang turut serta menghadiri pengadilan sensasional ini. Para Jaksa menuntut Hitler dengan tuduhan melakukan kudeta. Dan Hitler tidak menyangkal, malah dengan bangga mengakuinya.

“BENAR. Saya hendak menggulingkan pemerintahan yang sekarang. Dan saya memikul tanggung jawab atas itu, tapi saya bukan menjadi kriminal karena perbuatan saya itu. Saya melakukan revolusi melawan para kriminal 1918, yang mengkhianati bangsa Jerman dengan menarik pasukan Jerman dari garis depan dan para kriminal ini membuat kesepakatan yang menghina bangsa Jerman dengan pihak musuh”

Bagi Hitler dan sebagian besar veteran Perang Dunia I, mereka menganggap pasukan Jerman belum kalah. Padahal fakta sebenarnya pasukan Jerman sudah terdesak oleh serangan Sekutu dan Rusia, sehingga beberapa petinggi militer terpaksa melakukan gencatan senjata dengan pihak sekutu. Dan masih banyak orang yang percaya bahwa kekalahan bangsa Jerman karena dikhianati dari dalam.

Dan pembelaan Hitler di persidangan ini menarik perhatian para wartawan. Mereka menuliskan ide-ide yang dilontarkan Hitler tanpa menjelaskan fakta yang sebenarnya. Maka, untuk pertama kalinya, seluruh Jerman jadi mengenal sosok Adolf Hitler dan mereka suka dengan ide-idenya.

Setelah mendapatkan pemberitaan yang positif, Hitler melihat pengadilan ini adalah SATU KESEMPATAN baginya untuk melakukan propaganda. Dan Hitler berhasil mengambil kendali sidang. Dia diberikan hak untuk berbicara sepuasnya, menyela tuntutan para Jaksa, bahkan Hitler diberikan hak untuk memeriksa para saksi. Hitler tidak membutuhkan pengacara, media massa dan pendapat umum adalah pengacara terbaik baginya. Maka dari hari ke hari, pengadilan terhadap Hitler menjadi pegadilan yang sangat sensasional, mungkin satu-satunya yang pernah diselenggarakan di dunia. Bahkan dewan juri dan para hakim dibuat mengikuti emosi Hitler.

Para hakim sangat bersimpati terhadap Adolf Hitler. Tapi para jaksa penuntut meyakinkan hakim bahwa Adolf Hitler tetap harus menerima konsekuensinya. Menurut peraturan Hitler seharusnya dihukum seumur hidup atas tuduhan melakukan kudeta, tapi dalam pengadilan ini hanya 5 tahun di penjara Landsberg. Begitu pula dengan orang-orang Nazi yang tertangkap, mereka hanya menjalani hukuman yang ringan.

Partai Nazi setelah Hitler absen, menjadi terpecah-pecah dan berantakan. Tapi sebaliknya Hitler mendapatkan popularitas yang me-nasional berkat kepiawaiannya menggerakkan media massa sebagai alat propaganda.

Hitler ditempatkan disebuah sel tahanan khusus, dia bisa menerima kunjungan tamu kapanpun dia mau. Dan diizinkan untuk memiliki seorang sekretaris pribadi bernama Rudoph Heiss, yang membantunya mengurus surat-surat dan administrasi lainnya. Ketika dalam tahanan, Hitler punya banyak waktu luang untuk berpikir dan menemukan ide-ide baru. Hitler menyuruh Heiss untuk mencatat setiap idenya, yang kemudian dituangkan dalam sebuah buku berjudul “MEIN KAMPF”.

MEIN KAMPF

Membaca isi dari buku Mein Kampf sama seperti mendengarkan Hitler berpidato. Isinya berkisar tentang masa kecil Hitler, masa muda, awal karir di Partai, sampai pada ide-ide politik untuk menentukan masa depan Jerman. Terjemahan bahasa Inggris bisa ditemukan di website ini
http://www.hitler.org/writings/Mein_Kampf/

Ide awal buku Mein Kampf sebenarnya berjudul “Empat Setengah Tahun Bergelut Melawan Kebohongan, Kebdohan, dan Kepengecutan”. Tapi menurut penerbit Nazi, judul tersebut kurang menjual, dan mengubahnya menjadi MEIN KAMPF yang artinya PERLAWANANKU atau PERJUANGANKU

Meskipun sampul buku tersebut tertulis dibuat oleh Adolf Hitler, tapi sesungguhnya Rudolph Heiss yang menerjemahkan setiap ide Hitler dan kemudian disusun dengan kata-kata yang mudah dibaca. Pada saat pertama kali buku ini dicetak pada tahun 1925, penjualannya tidak memuaskan. Banyak orang yang penasaran dengan isi buku tersebut dan berharap mendapatkan latar belakang peristiwa Pemberontakan Partai Nazi. Namun mereka hanya menemukan biografi singkat dan filosofi-filosofi yang kurang menarik.

Buku Mein Kampf terdiri dari dua volume. Yang Pertama lebih banyak membahas tentang latar belakang Hitler terlibat dalam Partai Nazi. Pada volume kedua, inilah yang paling penting, merumuskan ide-ide politik Hitler tatanan negara Jerman dan visi Hitler tentang politik luar negeri Jerman. Tapi pada waktu buku ini diterbitkan pertama kali, Hitler masih bukan siapa-siapa. Tapi ketika Adolf Hitler menjadi kanselir Jerman, buku ini tercetak jutaan copy. Menjadi semacam kitab bagi para simpatisan Partai Nazi.

Dalam buku tersebut, terdapat sebuah ide bahwa Ras Arya (bangsa Jerman) adalah ras pilihan Tuhan. Oleh karena itu Jerman membutuhkan ruang tempat tinggal yang lebih luas di bumi ini, sedangkan bangsa-bangsa budak boleh dimusnahkan. Bangsa budak itu antara lain Yahudi, orang-orang Balkan, orang Rusia. Dan banyak ide-idenya yang me-NAJIS-kan Yahudi.

Kemudian ketika Hitler menjadi Kanselir, Mein Kampf menjadi salah satu buku wajib dalam kurikulum sekolah. Ide Hitler tentang kompetisi bangsa Arya dengan Yahudi ditanamkan dalam filosofi anak sekolah sampai orang-orang dewasa. Dan ide ini sangat men-SUGESTI banyak orang Jerman pada waktu itu. Karena saat itu banyak sektor penting dalam perekonomian Jerman yang menyangkut hidup orang banyak didominasi oleh bangsa Yahudi yang minoritas. Maka tidak heran ketika Jerman melakukan tindakan pembinasaan etnis, rakyat Jerman hanya diam saja tanpa ada yang memprotes. Bahkan banyak yang menjadi sukarelawan dan menangkapi orang-orang Yahudi.

Hitler mengatakan dalam bukunya, Arya sebagai bangsa pilihan berhak untuk mengambil tanah yang lebih banyak dari bangsa lain, walaupun melalui kekerasan. Oleh karena itu Jerman harus mengalahkan negara Prancis yang berbatasan di sebelah barat dan meluaskan wilayah kekuasaan Jerman. Sementara itu daerah bagian timur, yaitu Rusia akan dikosongkan sebagai lahan pertanian dan peternakan untuk mendukung negara Jerman.

Jika saat itu ada yang lebih perduli, maka buku Mein Kampf ini bisa merupakan suatu PERINGATAN akan bahaya yang akan muncul di masa depan. Tapi saat itu Adolf Hitler bukan siapa-siapa, dan setiap pemimpin di Eropa sibuk membenahi negaranya akibat kerugian ketika Perang Dunia I.

“The only thing necessary for the evil triumph is for good men to do nothing” – Edmund Burke

Saat Hitler sibuk menuliskan buku Mein Kampf di dalam penjara, di luar sana sedang terjadi hal yang akan membuat Hitler kecewa. Yaitu Partai Nazi diambang kehancuran.

Categories: ROH Part 08 | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: