PERANG DUNIA PERTAMA

HITLER DALAM PERANG DUNIA PERTAMA


KOPRAL ADOLF HITLER, itulah pencapaian tertinggi dalam karir militer Adolf Hitler, pada foto diatas Hitler ada di sebalah kanan bersama anjing kesayangannya. Yaitu hanya satu tingkat diatas serdadu. Jendral Atasan yang memberikan pangkat tersebut menilai Kopral merupakan pangkat tertinggi yg bisa dianugerahkan kepada orang yg latar belakangnya non militer, dan dia menilai Hitler kurang berjiwa pemimpin sehingga tidak layak dinaikkan jadi SERSAN. Padahal selama Perang Dunia I, Adolf Hitler berhasil memperoleh 5 medali penghargaan atas keberanian dan jasa-jasanya sebagai pasukan infantri. Ironisnya, atasan yang merekomendasikan Hitler untuk memperoleh semua medali itu adalah seorang Yahudi.

Pada usia 24, Hitler meninggalkan Vienna, dan pindah ke kota Munich, Jerman. Tujuan awalnya hanya untuk menghindari wajib militer Kekaisaran Austria. Namun kemudian Hitler terlacak oleh salah satu petugas imigrasi Austria. Sekarang Hitler akan menghadapi hukuman penjara karena melalaikan wajib militer.

Hitler kemudian menuliskan sepucuk surat kepada Konsulat Austria dia Munich sebagai permintaan maaf dan alasan kenapa dia mangkir dari wajib militer. Dia menceritakan kemalangan yang menimpanya semasa remaja, dan akhirnya jatuh dalam kemiskinan dan hidup sebagai gelandangan di kota Vienna.

“Saya tidak pernah mengenal indahnya kata MASA MUDA”, salah satu kutipan dari suratnya.

Petugas di Konsulat Austria sangat terkesan dengan surat tersebut dan membatalkan ancaman hukuman penjara. Tapi Hitler masih diharuskan ikut wajib militer. Akhirnya Adolf Hitler menjalani berbagai tes kesehatan dan Hitler mengalami kegagalan dalam berbagai tes tersebut karena kondisi fisiknya yang lemah akibat hidup gelandangan selama bertahun-tahun. Maka Hitler diizinkan tidak mengikuti wajib militer.

Dan Hitler kembali melanjutkan hidup sebagai pemuda miskin di Munich, dia menghidupi diri dengan melukis kartu pos dan lukisan-lukisan untuk toko setempat. Dan setahun kemudian, pada tanggal 2 Agustus 1914, orang banyak berkumpul di Balai Kota Munich, untuk mendengarkan pengumuman pernyataan Perang Dunia I dan Jerman turut serta didalamnya

Dua hari kemudian Hitler mendaftarkan diri sebagai tentara sukarelawan, dan banyak anak muda Jerman seusia Hitler juga mengalami antusias dan rasa nasionalisme yang tinggi. Sehingga Jerman pada saat itu merupakan salah satu kekuatan utama dalam Perang Dunia I.

“Bagiku, sebagaimana warga Jerman pada umumnya, menjadi tentara sukarelawan merupakan masa yang bersejarah dan awal dari eksistensi di dunia. Dibandingkan ketika masa-masa suram dan kepahitan sebelumnya”, salah satu testimonial Hitler dalam buku Mein Kampf.

Perang dunia pertama disebabkan karena Putra Mahkota Austria ditembak mati oleh seorang anak muda Serbia ketika mengadakan kunjungan kenegaraan, yg kemudian pemuda itu diidentifikasikan sebagai teroris. Karena tidak menerima hal tersebut Austria kemudian mengerahkan tentara menyerang Serbia. Namun Serbia adalah sekutu dari Rusia, dan Rusia membantu Serbia melawan Austria.

Jerman dan Austria bagaikan kakak adik, maka Jerman mendeklarasi perang terhadap Rusia dan menyerbu ke Rusia. Inggris dan Prancis adalah sekutu Rusia, dan mereka menyerang Jerman. Namun Jerman bisa MENGIMBANGI tiga negara tersebut.

Inggris kemudian MOHON bantuan Amerika untuk turut serta dalam perang melawan Jerman. Dan dengan terpaksa, Amerika kemudian melibatkan diri. Namun kemudian kita akan belajar dari sejarah, bahwa inilah awal mula tragedi yang menyebabkan Amerika terus terlibat perang yg berkepanjangan sampai perang Iraq dan Afganistan. Padahal sebelumnya Amerika adalah negara yang cinta damai.

Perang Dunia I terbagi jadi dua poros kekuatan.
Kekuatan SEKUTU (39.000.000 serdadu) terdiri dari: Rusia, Prancis, Italia, Inggris, Amerika, Rumania, Serbia, Belgia, Portugal, Yunani, dan Montenegro.
Kekuatan POROS TENGAH (24.000.000 serdadu) terdiri dari: Jerman, Austria, Hungaria, Turki Ottoman, dan Bulgaria.

Menurut pengakuan para saksi mata, Adolf Hitler adalah seorang serdadu yang kurang disiplin. Namun selama mengabdi dalam perang, Adolf Hitler selalu SIAP menerima segala tugas yang berbahaya dan anehnya, dia selalu berhasil lolos bahaya hanya dengan luka kecil saja. Pernah sekali ketika pertempuran melawan tentara Inggris, hampir 2500 serdadu dari pasukan yg berjumlah 3000 serdadu mati terbunuh, dan lainnya luka-luka, tapi Adolf Hitler tidak luka sedikitpun.

Selama berperang JIWA SENI dari Adolf Hitler masih ada. Dia masih sempat melukis di kala senggang.

Berbeda dari serdadu lainnya, Adolf Hitler tidak pernah protes terhadap kualitas makanan yang buruk dan kondisi kamp yang memprihatinkan. Kesukaan Hitler adalah mendiskusikan tentang SENI dan SEJARAH. Sementara kebanyakan serdadu lebih suka kumpul minum-minum dan ngobrol tentang wanita. Adolf Hitler juga tidak pernah minta cuti sekalipun selama menjadi sukarlawan. Teman-temannya menyindir perilaku Hitler hanya untuk menyenangkan atasan, namun Hitler muda tidak pernah menggangap sindiran mereka. Tapi teman-temannya mengakui keberanian dan keberuntungan Adolf Hitler dalam medan perang.

Setelah dua tahun di medan perang, yaitu pada 7 Oktober 1916, akhirnya Hitler mendapatkan “CEDERA KEBERUNTUNGAN” untuk pertama kalinya. Ceritanya Adolf Hitler selama perang mempiara seekor anjing yang kakinya pincang, dia sangat menyayangi anjing tersebut. Suatu ketika Hitler dan para sedadu sedang berisirahat dalam kamp, namun anjingnya menggonggong terus dan menggigit kakinya Hitler. Karena itu Adolf Hitler marah dan mengejar anjingnya, namun tiba-tiba *BOOM*. Perkemahan Adolf Hitler hancur terkena bom artileri musuh. Semua teman satu kamp dan anjingnya mati, dan Hitler mengalami cedera pada kaki akibat pecahan peluru artileri. Hitler diselamatkan oleh anjingnya.

Adolf Hitler ditarik dari medan perang dan beristirahat di salah satu rumah sakit Berlin. Setelah agak baikan, Hitler ditugaskan sebagai petugas administrasi militer di kota Munich. Suatu hari, dia ke Berlin dan menyaksikan maraknya demo anti-perang. Dan demo ini sering menyebabkan keraguan para pimpinan dalam mengambil keputusan dalam perang. Samar-samar, Hitler mendengar isu bahwa kaum borjuis Yahudi yang berada dibalik demonstrasi anti-perang tersebut.

Dari sini sudah mulai muncul ide anti-semit dalam diri Adolf Hitler, ditambah dengan pengalaman selama di Vienna yg berhubungan dengan gerakan anti-semit. Hitler muak melihat gerakan demonstrans anti-perang tersebut dan minta kembali ditugaskan ke garis depan.

Perang yang berkepanjangan membuat moral pasukan turun, pasukan Jerman menghadapi perang dari luar melawan sekutu dan perang dari dalam yg menuntut penarikan pasukan dari medan perang. Pada tahun 1918, Hitler kembali mengalami cidera, yaitu matanya mengalami kebutaan sesaat oleh bom gas klorin ketika berperang melawan Inggris.

Hitler ditarik kembali dari garis depan dan beristirahat di rumah sakit Munich. Selama dirawat, Hitler banyak mendengar kabar tidak sedap mengenai kekalahan tentara Jerman di garis depan. Namun dalam diri Hitler, terbentuk suatu asumsi bahwa yang menyebabkan hal itu adalah kaum Yahudi dan pengikut Marxisme.

“Dalam hari-hari dan malam-malam yang terburuk itu, saya mengetahui penyebab kekalahan itu, bukan karena kekuatan tentara musuh di medan perang, melainkan musuh tak terlihat dalam Jerman, yaitu Yahudi dan pengikut Marxisme”, kata Hitler dalam buku Mein Kampf ketika menjelaskan kondisinya selama dirawat di rumah sakit.

Setelah 4 tahun berperang melawan 4 kekuatan besar (Inggris, Prancis, Rusia, dan Amerika), dan ditambah gerakan politik anti-perang, Kekaisaran Jerman mulai mengalami kekalahan. Dan pada tanggal 10 November 1918, seorang Pastor berteriak dalam rumah sakit menyampaikan berita penting
“KEKAISARAN JERMAN SUDAH RUNTUH DAN MENJADI REPUBLIK. PERANG SUDAH USAI”

Orang-orang turun ke jalan merayakan peristiwa ini. Namun bagi Adolf Hitler dan para veteran perang, peristiwa ini punya arti yang lain.

Dan peristiwa ini yang menjadi KESEMPATAN bagi Adolf Hitler memasuki panggung politik dan akhirnya menjadi orang nomor satu di Jerman.

Categories: ROH Part 04 | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: