SIAPAKAH AKU

Seringkali orang beranggapan krisis jati diri hanya dialami oleh remaja, dimana jiwanya masih labil. Namun tidak jarang orang dewasa juga mengalaminya. Sering muncul pertanyaan seperti “MENGAPA SAYA DILAHIRKAN?” atau “APAKAH SAYA SUDAH BEKERJA DI BIDANG YANG TEPAT?“.

Ada satu cerita yang mau saya bagikan pada hari ini, mungkin bisa membantu memberikan inspirasi mengenai identitas/jati diri

************************************************************

Sebuah kisah dari acara tv BRITAIN GOT TALENT
Ada seorang lelaki berusia 30an maju ke tengah panggung. Dia mengatakan bahwa dia ingin melakukan sesuatu yang menjadi alasan dia dilahirkan, yaitu menjadi penyanyi. Namun selama ini tidak pernah dilakukan olehnya karena ada masalah dengan kepercayaan diri.

Dari tampangnya yang biasa-biasa, pandangan matanya, dan kata-katanya yang gugup, memang orang ini pemalu dan minder. Dan oleh para juri langsung diserang.

Paul_Pott

“Apa yang akan kamu lakukan disini?”, tanya Simon Cowell, juri yg terkenal sadis dalam menyerang mental peserta kompetisi.

“Saya ingin menyanyi, sebuah lagu opera…”, jawab pria itu dengan suara yg gemetar dan gugup.

Dari ekspresi para juri dan penonton, sudah terlihat mereka bersiap memberikan simpati dan belas kasihan kepada pria itu. Simon mengernyitkan dahi, lalu mempersilahkan pria itu untuk memulai. Sesaat kemudian kemudian, musik opera “nossun dorma” mulai diputar, penonton makin mengkhawatirkan nasib si kontestan ketika di kritik oleh juri.

Namun ketika bunyi pertama keluar dari vokal pria itu, semua pendengar terperangah bahkan Simon si juri sadis juga sampai terpesona. Suara dari pria itu ternyata tidak kalah dengan Pavarotti dan beberapa penonton sampai menitikan mata saking terharunya.

Semua bertepuk tangan dengan meriah ketika nyanyian pria itu selesai. Penampilan pria itu terus menjadi pembicaraan bahkan sampai acara itu selesai. Nama pria itu adalah Paul Pott dan dia akhirnya menjadi pemenang kontes Britain Got Talent 2007.

videonya bisa dilihat di: http://www.youtube.com/watch?v=1k08yxu57NA

************************************************************

Pelajaran PERTAMA: Manusia menghadapi rintangan dari dalam diri sendiri, ketika dihambat oleh rasa percaya diri. Keraguan sering muncul dalam pikiran sehingga menghalangi manusia membuat keputusan dan bertindak yang benar. Apakah saya bisa …? Apakah saya pantas …? Apakah mungkin…bla…bla…bla…

Pelajaran KEDUA: Manusia juga menghadapi hambatan dari luar, yaitu pandangan masyarakat. Orang suka menilai seseorang berdasarkan penampilan luar, seperti yg terlihat dari ekspresi para juri dan penonton pada penampilan luar Paul Pott yang gugup dan minder. Dan manusia sering merasa khawatir jika karya yg dikerjakan tidak bernilai terhadap masyarakat.

Kedua hal diatas sangat efektif dalam menggagalkan setiap manusia untuk menggali bakat terpendam yang menjadi jati dirinya. Keraguan-keraguan tersebut yang menyebabkan seseorang bekerja pada suatu profesi yang sebenarnya tidak benar-benar dia sukai, dan membiarkan bakatnya terkubur di tempat yg tersembunyi.

Ada yang dilahirkan jadi tukang batu.
Ada yang dilahirkan jadi tukang kayu.
Ada yang dilahirkan jadi penyanyi.
Ada yang dilahirkan jadi pelukis.
Ada yang dilahirkan jadi pengarang cerita.
Ada yang dilahirkan jadi pengacara.
Ada yang dilahirkan jadi dokter.
Dan lain-lain

Saya percaya Tuhan memberikan setiap manusia bakat yang unik dan berbeda satu sama lainnya untuk memberikan manfaat kepada dunia, dan untuk menghasilkan karya yang agung dan mengesankan, seperti pelangi yang terdiri dari kombinasi warna yang berbeda. Saya yakin, jika seseorang berkarya menurut bakatnya maka akan selalu ada tempat di dunia ini yang menerimanya dengan tangan terbuka.

Lalu pasti ada yang bertanya “BAGAIMANA MENGENALI BAKATKU?
Pernahkah Anda mempelajari sesuatu yang benar-benar baru dan ternyata Anda dapat menguasainya dengan mudah? Atau mengerjakan sesuatu lebih cepat dari rekan lain? Bisa jadi, itulah bakat yang sedang memanggil, menunggu Anda melepaskan dan mengembangkannya.

Tapi jika Anda blank sama sekali dengan bakat yg Anda miliki, ada CARA GAMPANG untuk mengenali bakat Andai:
1. Apa yang anda sukai untuk dikerjakan? Buatkan daftarnya dan coba kerjakan satu-persatu.
2. Nyamankah Anda saat menjalaninya? Hingga dalam sanubari Anda pun terngiang, “Rasanya ini cocok sekali buat saya.”
3. Anda yakin, di hati selalu muncul rasa rindu bisa melakukannya? Bahkan sebelum menjalaninya, senantiasa timbul rasa rindu yang tinggi hingga lekas-lekas ingin melakukannya.
4. Seberapa besar rasa penasaran Anda? Seberapa kuat keinginan Anda untuk belajar mendalami hal ini? Seberapa fokus dan mudah berkonsentrasinya Anda terhadap hal ini?
5. Puaskah Anda usai menjalaninya? Bukan puas pada hasil, tetapi batin, apakah Anda memang terpuaskan?

Setelah membaca tulisan diatas, apakah teman-teman sudah bisa menjawab “SIAPAKAH AKU?”

Categories: Siapakah Aku? | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: