UJUNG GENTENG, Mutiara di Pesisir Selatan Jawa Barat 3

UJUNG GENTENG: Mutiara di Pesisir Selatan Jawa Barat, Sukabumi

Bagian 3

 

Sore menjelang malam, setelah menikmati sunset di Muara Cipanarikan, ada tempat menarik lainnya untuk dikunjungi. Tempatnya ada di Pantai Pengumbahan.

 

Pantai ini letaknya tidak jauh dari Muara Cipanarikan. Pantai ini merupakan tempat penangkaran PENYU HIJAU yang sudah hampir punah karena habitatnya terganggu oleh kepadatan manusia. Penyu merupakan hewan pemalu, yang sensitif dengan suara bising, terutama dari aktivitas manusia. Maka dari itu populasi penyu laut terus berkurang, dan kita harus melestarikan satwa ini.

 

 

Untuk masuk ke tempat penangkaran ini, dipungut sedikit biaya kontribusi untuk membantu melestarikan hewan lucu ini. Kira-kira jam 6 sore, terlihat banyak wisatawan berkumpul di pantai ini untuk acara melepaskan anak-anak penyu.

 

 

Pengunjung di acara ini ditertibkan dengan berbaris memanjang. Setiap pengunjung diberikan kesempatan untuk memegang satu anak penyu, dan ketika ada aba-aba dari panitia, maka anak penyu itu dilepaskan bersamaan. Anak-anak penyu yang lucu itu akan merangkak dengan cepat menuju laut, seolah-olah suara deburan ombak merupakan genderang pemanggil yang menarik mereka kembali ke alamnya.

 

 

Pantai Pengumbahan ini, juga terkenal sebagai tempat penyu bertelur. Biasanya terjadi di tengah malam, ketika hanya terdengar suara serangga di sepanjang pantai. Pantai ini memiliki pasir yang halus, sehingga penyu gampang menggali lubang untuk bertelur. Penyu yang naik bertelur, kadang ada yang besarnya sebesar meja makan 10 orang…gede banget.

 

Untuk menyaksikan penyu bertelur, pengunjung pantai harus mematikan semua penerangan. Dan menjaga kesunyian malam. Sangat disarankan untuk memakai autan diseluruh permukaan tubuh, karena harus bersembunyi disemak-semak sambil menunggu penyu naik ke pantai.

 

 

Walaupun gelap, penyu yang merangkak naik ke daratan bisa terlihat jelas berkat terang dari bulan dan bintang di langit. Pengunjung harus tetap menjaga ketenangan sampai penyu selesai bertelur. Setelah itu barulah boleh didekati dan diambil foto kenang-kenangan.

 

Sungguh suatu pengalaman yang sangat menarik sekali.

 

Keesokan paginya, rombongan kami meninggalkan daerah pantai ujung genteng. Dan ada sebuah objek wisata menarik lainnya tidak jauh dari sana. Yaitu CURUG CIKASO (air terjun Cikaso). Daerah cikaso ini ditempuh dengan melewati jalan pedesaan, kurang lebih 1 jam perjalanan. Sepanjang jalan, kita akan melihat pemandangan hijau yang menyegarkan.

 

 

Dan akhirnya kami tiba juga di daerah Cikaso. Ternyata untuk menuju air terjun, kami harus menelusuri sungai dengan perahu motor kurang lebih 15 menit.

 

 

Di sepanjang perjalanan menelusuri sungai, kita bisa menikmati pemandangan sungai yang tenang, kehijauan hutan dan melihat tebing-tebing gunung yang tinggi sambil mendengarkan suara deru perahu motor….*DU..DU..DU..DU*

 

 

Dan setelah sampai di ujung sungai, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki 5 menit. Akhirnya kami mulai mendengarkan suara deru dari air terjun. Dan sampailah di Curug Cikaso…

 

 

 

Di bawah air terjun itu, terdapat sebuah kolam air yang besar. Dengan kedalaman 40 meter, jadi sangat berbahaya bagi yang tidak bisa berenang. Tapi bagi yang bisa berenang, tempat itu menjadi tempat bermain yang menyenangkan.

 

 

 

Bagi yang tidak bisa berenang, jangan berkecil hati. Di tepian kolam, ada kolam kecil dan aliran air kecil yang bisa digunakan untuk bermain air juga. Banyak orang tua mengajak anaknya bermain di sini.

 

 

Setelah puas bermain air, kami pun bertolak dari daerah Ujung Genteng dan kembali ke Jakarta. Demikianlah akhir perjalanan yang cukup mengesankan ke Ujung Genteng.

 

 

Alam Indonesia memang menyimpan banyak potensi alam yang menarik untuk dikunjungi. Tetap ikuti catatan perjalanan saya. Selamat menikmati petualangan.

 

~ E.N.D ~

Categories: Ujung Genteng 3 | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: