SINGKAWANG TRIP: Perjalanan Singkat di Sekitar Kota Amoy

Pada kesempatan kali ini, saya ingin sharing sedikit pengalaman ketika melakukan perjalanan ke kota Singkawang. Kota Singkawang terletak di Kalimantan Barat, sekitar 2.5 jam dari kota Pontianak. Kota Singkawang dalam 5 tahun terakhir ini terkenal sebagai icon pariwisata Kalimantan Barat.Pada Idul Fitri 2011, saya bersama beberapa teman berangkat ke kota Singkawang untuk menikmati wisata alam disekitar sana. Berangkatnya juga tidak direncanakan tapi dadakan, karena mengingat jarak tempuh yang tidak terlalu lama itu.

Maka pada siang hari kami meluncur ke kota Singkawang dari kota Pontianak sambil diguyur hujan lebat. Untunglah kami menggunakan mobil jadi tidak basah kuyup.

Menjelang sore, kami tiba di tempat wisata RINDU ALAM, yaitu sebuah bukit yang terletak di luar kota Singkawang. Sekitar 10km dari selatan kota Singkawang. Jadi, masih belum masuk ke dalam kotanya. Bukit ini tidak terlalu tinggi, namun menawarkan pemandangan yang cukup indah ke arah laut maupun ke arah kota.

Wisata ini dikelola secara sederhana. Ada jalan setapak yang dibuat untuk orang yang ingin mencoba naik ke puncak bukit dengan berjalan kaki. Walaupun tinggi bukit ini hanya 400m saja, tapi lumayan cape juga menaiki anak tangga sampai ke atas bukit.

Sepanjang jalan setapak itu terdapat patung-patung hewan yang dibuat dalam ukuran raksasa. Lumayan buat narsis foto-foto disekitar patung.

Setelah puas berkeliling di atas bukit, kami turun dan menuju ke wisata pantai. Tidak jauh dari Rindu Alam, ada sebuah pantai yang bernama Pantai Samudra Indah. Menurut saya pantainya tidak begitu bagus, karena pasirnya berwarna kecoklatan dan air lautnya keruh. Tapi Pantai Samudra ini cukup bagus untuk bersantai ditengah hiruk pikuk kehidupan kota. Kita bisa bersantai di pondokan sambil menikmati air kelapa muda….hmmm, segar.

Karena pantainya kurang menarik, kami kembali melanjutkan perjalanan menuju pantai yang bernama TANJUNG BAJAU. Entah kenapa dinamai demikian.

Yang menarik dari pantai ini adalah ada patung hewan-hewan raksasa di tepi pantai. Misalnya saja patung kepiting, patung pinguin, bahkan ada patung Godzila yang sedang bertarung dengan gurita raksasa. Btw, foto patung pinguin diatas bukan saya yang foto, krn jaraknya susah diambil dengan pocket camera. Foto diatas saya ambil dari website orang lain yang kelihatan natural tanpa edit.

Dan tidak terasa hari sudah menjelang malam. Kami segera bergegas memasuki kota Singkawang untuk mencari penginapan. Dan kami menginap di Hotel Prapatan, karena mempertimbangkan tarif hotelnya yang cukup murah, hanya 140rb semalam dan kami berempat bertumpuk dlm satu kamar. Dimalam harinya kami berjalan kaki mengelilingi pasar di kota Singkawang.

Dan sebagai informasi, kota Singkawang didominasi oleh orang tionghua yang berbahasa Khek, jadi kuliner disini juga sangat khas orang tionghua. Misalnya saja Nasi Campur, Nasi Kari Singkawang, dan Bakmi Singkawang.

BAKMI SINGKAWANG

NASI CAMPUR

NASI KARI SINGKAWANG

Keesokan paginya, kami bangun pagi dan pergi menuju wisata alam yang bernama HANG MUI. Tempat ini merupakan wisata alam dimana kita bisa menikmati kesunyian pegunungan, sambil mendengarkan derik aliran air dari sumber mata air. Air yang mengalir di Hang Mui ini berhulu dari Gunung Poteng, sebelah utara kota Singkawang.

Karena kami sampai di tujuan cukup pagi, maka tempat ini masih sepi. Kami memutuskan untuk berjalan menelusuri asal air dengan harapan bisa menemukan sesuatu yang menarik.

Dan semakin menuju hulu, air sungainya makin jernih dan mulai terdengar kicauan burung dan suara serangga di dalam kesunyian gunung…sungguh menyejukan jiwa.

Dan sebagai kenangan terakhir, saya sempat memotret dari dalam air dan juga aliran airnya yang sangat jernih tsb. Sungguh tempat yang sangat berkesan, alami dan sangat menyegarkan.

Demikian dulu catatan perjalanan untuk kali ini. Selamat menikmati petualangan hidup Anda ^^