Petualangan SERU di Green Canyon 3

PANTAI PANGADARAN

Setelah seharian mengarungi Green Canyon, pada hari ketiga ini kami bersantai untuk menikmati keindahan alam di Pantai Pangadaran. Pantai ini pasirnya kecoklatan dan pasirnya halus, air lautnya kebiruan dan di tempat yang agak dalam airnya jernih seperti kolam renang. Mungkin karena Pangadaran ini di pantai selatan yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, maka airnya lebih bagus.

Pantai Pangadaran ini merupakan daya tarik utama kabupaten Ciamis, disepanjang pantai banyak penginapan murah. Banyak wisatawan asing yang berkunjung ke sini juga.

Kami tidak berlama-lama di Pantai Pangadaran, hanya sekedar untuk makan siang saja. Setelah makan kami masuk ke cagar alamnya dan dan pantai Pasir Putih. Di tepian pantai Pasir Putih, banyak terdapat pohon bakau yang rindang. Pengunjung memanfaatkan kerindangan pohon untuk bersantai, gelar tikar dan tiduran. Bule-bule juga ikutan berjemur disini hanya mengenakan bikini saja.

Pantai Pasir Putih ini airnya jauh lebih jernih daripada air yang ada di Pantai Pangadaran. Banyak orang yang memanfaatkan untuk snorkling. Kami tidak lama-lama di pantai, kami lebih tertarik untuk menjelajahi hutan cagar alamnya. Di cagar alam ini, banyak kawanan kera dan rusa.

Salah satu tempat yang menarik di cagar alam ini adalah Goa Jepang. Disebut demikian karena memang dibangun oleh tentara Jepang pada masa Perang Dunia ke-2 sebagai tempat perlindungan. Dindingnya terbuat dari semen, dan ada satu bilik didalamnya sebagai gudang senjata.

Kami kemudian semakin masuk kedalam hutan. Ternyata dalam hutan ini suasananya sangat adem, sejuk, dan bisa terdengar bunyi serangga dan kicauan burung. Di dalam hutan ini ada perkampungan monyet, kehidupan kawanan monyet ini benar-benar mirip manusia primitif. Mereka berkelompok, ada yang mencari kutu, dan anak-anak kera kejar-kejaran. Sedangkan seekor kera jantan yang besar hanya duduk saja, mungkin semacam kepala suku.

Didalam hutan, kami menemukan pohon yang unik. Pohonnya sangat tinggi dan bentuk dasarnya sangat aneh, seperti papan. Disebut sebagai AKAR BANIR, yaitu akar yang mencuat ke permukaan tanah, dengan fungsi utama untuk menyerap lebih banyak sari makanan dan menguasai lahan.

Semakin masuk ke hutan, ternyata arahnya menuju ke sebuah bukit. Kami mengikuti jalan setapak naik bukit itu.

Setelah puluhan langkah mendaki bukit dan sampailah kami di suatu goa besar yang alamiah, disebut Goa Lanang. Goa tersebut sangat gelap, dan luas, tapi pendek saja. Dinding goa itu banyak terdapat batu-batu kristal, yang apabila disorot lampu senter maka akan terlihat berkelap-kelip. Sangat indah…

Dan ternyata Goa Lanang itu merupakan bagian paling dalam dari cagar alam Pangadaran. Kami mengakhiri perjalanan, dan dari Pantai Pangadaran segera kembali ke Jakarta.

~ END of JOURNEY ~

Tips Perjalanan
1. Siapkan obat anti mabuk, atau minum tolak angin sebelum berangkat. Perjalanan cukup jauh, 8-9 jam dari Jakarta.
2. Sabun cair dan shampo bisa dibeli di minimarket terdekat, jadi cukup siapkan handuk kering dan pakaian pengganti.
3. Bawa sendal gunung yang nyaman dan kualitas lumayan, kalo pakai yg murahan nanti putus di tengah jalan sangat merepotkan.
4. Ikuti dan dengarkan semua instruksi dari pemandu, karena petualangan alam sangat beresiko.
5. Jika terjadi hal diluar dugaan, misalnya luka krn terbentur karang, jangan panik tapi tetap tenang dan biarkan pemandu yang mengambil alih.
6. Tidak cocok untuk anak kecil dibawah 10 tahun dan wanita hamil
7. Siapkan kamera anti-air.
8. Siapkan uang cash yang cukup, soalnya ATM cukup jauh dari perkampungan.

Categories: Green Canyon-Pangadaran 3 | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: