Amazing Karimun Jawa – Part 2

Di tulisan sebelumnya sudah saya tunjukan sedikit pesona dari keindahan pantai Karimun Jawa. Pada tulisan kali ini akan saya tunjukan pesona keindahan bawah laut dari Karimun Jawa.

Pada hari pertama, sebelum kami mendarat di pulau Cemara Kecil untuk bersantai makan siang, kami terlebih dahulu nyemplung ke laut untuk menikmati keindahan terumbu karang di sekitar Karimun Jawa. Dan ternyata luar biasa bagusnya, terumbu karang tumbuh disepanjang garis pantai, menjadi habitat tinggal ikan-ikan kecil yang menghiasi keindahan lautan.

Saya sudah pernah melakukan snorkling di Kep Seribu dan di Bali, tidak ada terumbu karang yang seindah di Karimun Jawa. Bahkan di Pulau Menjangan (Bali) yang katanya surga bagi pecinta snorkling, kalah jauh dengan Karimun Jawa ini. Aktivitas snorkling itu adalah mengambang diatas permukaan laut, memakai kacamata renang dan pipa buat bernafas yg disebut snorkle.

Aktivitas snorkling ini 99% AMAN, bahkan anak kecil usia 4 tahun saja bisa ikutan.

Jika belum puas untuk menikmati keindahan terumbu karang dari atas permukaan, boleh coba aktivitas FREE DIVING juga. Yaitu menyelam ke dasar laut tanpa menggunakan tabung oxygen. Menyelam ala freediving ini agak susah, karena faktor tekanan air. Susah untuk masuk ke bawah air, jadi ketika mau menyelam usahakan kepala berada di posisi tegak lurus biar bisa turun.

Ketika menyelam ke dasar, kita bisa melihat dengan lebih jelas keindahan terumbu karangnya. Tapi harap berhati-hati dengan hewan Bulu Babi yang bersembunyi diantara terumbu karang. Kalo ketusuk bisa panas dingin dan susah cabut durinya. Oleh karena itu selalu gunakan FIN (sepatu katak) ketika menyelam.

Setelah puas bersnorkling, kami pun merapat ke Pulau Cemara Kecil, seperti yang sudah saya tulis di bagian 1. Di sana kami bermain di pantai, sementara abang-abang guide yg membawa kami sedang menyiapkan makan siang berupa ikan bakar.

Ikan bakar yang disiapkan itu luar biasa lezat, padahal dibakar tanpa bumbu aneh-aneh, hanya diolesi dengan kecap manis saja. Kemudian dicocol dengan sambal terasi ulek. Dagingnya masih kenyal-kenyal, menandakan ikan itu masih segar. Kata guide yg bawa kami, ikan itu memang baru ditangkap semalam. Sebenarnya foto ikan bakar ini bukan jepretan saya sendiri, namun karena keasikan menikmati lezat dan gurihnya ikan bakar, saya sampai lupa mengabadikannya di foto.

Sungguh suatu pengalaman yang luar biasa unik, makan ikan bakar langsung di tepi pantai. Bakarnya juga tanpa tungku, melainkan gali lubang dipasir lalu bakar pakai arang batok kelapa. Ikan bakar dimakan bersama sepiring nasi putih yang hangat, dan ditemani potongan buah semangka. Biar lebih nikmat harus makan pakai tangan, cuci tangan pakai air laut, biar ada sensasi asin-asin dikit…mantap lah.

Setelah selesai bersantap siang, kami melanjutkan ke tempat lainnya yang lebih banyak ikan. Yang lucu dari perjalanan ini, kami berjalan kaki menuju kapal yang tertambat agak jauh dari pantai. Jadi seolah-olah kami adalah korban kebanjiran. Ternyata bukan di Jakarta saja yang sering banjir, di pulau juga kebanjiran.

Tempat yang banyak ikan kalo tidak salah bernama pulau Menjangan Kecil. Guide kami sudah menyiapkan roti tawar untuk beri makan ikan kecil supaya mendekat dan bisa difoto bawah air buat kenang-kenangan. Ketika nyemplung, memang banyak sekali ikannya. Didominasi oleh ikan kecil yang belang-belang dan ikan berwarna biru.

Ikan-ikan disini sudah terbiasa dengan manusia, mereka tidak takut lagi. Malah cenderung suka berenang dekat-dekat manusia karena dipikir akan dikasih makan. Sampai-sampai lagi renang aja masih diikuti, bagaikan anak ayam mengikuti induknya. Lucu juga liatnya.

Selain ikan-ikan kecil yang lucu, pemandangan terumbu karang di Menjangan Kecil juga sangat bagus. Malah kelihatan lebih hidup karena banyak ikan-ikan kecil yang berenang kesana kemari diantara terumbu karang.

Setelah puas berfoto-foto di bawah air, tidak terasa hari sudah semakin sore. Dan salah satu moment terindah ketika berwisata ke pantai adalah SUNSET. Kami naik ke kapal dan menuju ke spot sunset yang bagus di Karimun Jawa. Yaitu di Tanjung Gelam. Keindahan pantai di Tanjung Gelam akan saya ceritakan di bagian berikutnya.