Prinsip Dasar Menjadi Manusia

Sejarah peradaban umat manusia sudah mengalami perjalanan yang sangat panjang, kadang beberapa sejarah dipenuhi juga konflik yang berdarah-darah. Konflik yang berkepanjangan itu biasanya timbul akibat ego dan tidak bisa menerima kondisi apa adanya. Manusia suka melawan, baik melawan alam, orang lain, maupun diri sendiri.

Oleh karena itu, bapak-bapak filosofi dunia berusaha merumuskan hal-hal yang membawa pencerahan dan ketenangan hati bagi manusia dunia. Menjadi manusia gampang saja, karena kita memang sudah terlahir apa adanya sebagai manusia. Tetapi menjalani hidup sebagai manusia, itu yang sering menjadi masalah bagi tiap orang.

Artikel ini saya dapatkan dari facebook.

human-being

BAGAIMANA CARA MENJALANI HIDUP SEBAGAI MANUSIA

1. ANDA AKAN MEMPEROLEH SEBUAH TUBUH
Tubuh ini akan bersama anda seumur hidup, anda harus menerimanya apa adanya karena anda tidak bisa memilih lahir di tubuh yang mana. Jiwa Anda hanya sekedar mendapatkan begitu saja.

2. ANDA AKAN MENDAPATKAN PELAJARAN/PENGALAMAN
Setiap hari anda akan menjalani pendidikan informal (luar sekolah) yang disebut HIDUP. Dalam hidup ini setiap hari anda mendapatkan kesempatan untuk belajar sesuatu. Suka atau tidak, anda akan mengalaminya setiap hari, kadang anda akan merasa konyol.

3. ANDA TIDAK PERNAH MELAKUKAN KESALAHAN, MELAINKAN MENDAPATKAN PENGALAMAN
Manusia berkembang melalui berbagai proses percobaan, dan kadang hasil percobaan itu tidak sesuai dengan yang diharapkan. Bobot/manfaat dari proses yang hasilnya tidak diharapkan sama bernilainya dengan proses percobaan yang sesuai harapan. Intinya anda mendapatkan sesuatu.

4. ANDA AKAN TERUS MENGULANG SUATU PENGALAMAN SAMPAI ANDA MENGUASAI
Dalam menjalani hidup, anda akan mengalami berbagai masalah, dan seringkali masalah itu gitu-gitu aja kadang dengan sedikit variasi. Itu adalah inti dari pembelajaran. Anda akan terus mendapatkan masalah tersebut sampai anda sudah menguasai dan memahami. Dan kemudian anda baru akan mengalami masalah yang berikutnya.

5. ANDA TERUS BELAJAR, SEUMUR HIDUP
Tiap saat dalam kehidupan ini adalah pembelajaran. Bahkan ketika saat makan, anda akan belajar mencicipi rasa masakan yg bermacam-macam, atau anda kemudian terinspirasi untuk menambahkan variasi. Atau lebih seru lagi anda juga bisa belajar ketika tidur, yaitu anda belajar mengendalikan mimpi dan merasakan berbagai sensasi mimpi. Disebut sebagai LUCID DREAM, silahkan google sendiri, jika ada kesempatan saya akan membuatkan artikelnya juga.

6. DISINI ATAU SEKARANG, ADALAH SAAT DAN TEMPAT TERBAIK YANG PERNAH ANDA RASAKAN
Manusia tidak pernah puas dengan apa yang dia rasakan. Saat yang akan datang, atau tempat tujuan lain sudah menjadi DISINI dan SEKARANG, maka dia akan membidik tujuan lagi ke LAIN WAKTU dan DISANA.

7. ORANG LAIN ADALAH CERMINAN ATAS DIRI SENDIRI
Apa yang anda suka atau anda benci dari orang lain, pada dasarnya adalah mencerminkan apa yang anda inginkan atau yang anda tolak untuk diri sendiri. Anda hanya bisa menerima orang lain apa adanya, tapi anda bisa mengubah keinginan pribadi.

8. ANDA BOLEH BERBUAT APA SAJA DENGAN HIDUP ANDA SENDIRI
Manusia diberikan kemampuan untuk memilih berbagai fasilitas dan pilihan hidup, berinteraksi dengan banyak orang, dan berbagai sumber daya yang membentuk manusia itu. Bagaimana anda akan mengolah fasilitas itu dan berbagai sumber daya itu, adalah pilihan hidup anda sendiri. Anggap saja hidup ini, anda berada dalam perpustakaan besar, dan anda bebas memilih baca buku apa saja untuk dibaca dan mengembangkan keahlian dan pengetahuan anda.

9. BERBAGAI JAWABAN HIDUP ADA DALAM DIRI SENDIRI
Seringkali orang mengalami kebingungan saat menghadapi masalah atau pilihan hidup. Padahal dia hanya tidak tau cara untuk mencari jawaban dan mengharapkan orang lain menjawab untuk dirinya. Yang perlu kita lakukan dalam situasi demikian adalah mencari tau karakter pribadi kita, mendengarkan pikiran kita sendiri, dan kemudian mempercayai dengan pilihan yang kita ambil. Semua pilihan selalu BENAR, yang salah itu tidak memilih sama sekali.

Categories: Prinsip Hidup Menjadi Manusia | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: