MITOS-MITOS TENTANG CINTA

1018703132028429953s600x600q85

Jatuh cinta berjuta rasanya
Biar siang biar malam terbayang wajahnya
Jatuh cinta berjuta indahnya
Biar putih biar hitam manislah nampaknya

Dia jauh aku cemas tapi hati rindu
Dia dekat aku senang tapi salah tingkah
Dia aktif aku pura-pura jual mahal
Dia diam aku cari perhatian

Oh repotnya

Jatuh cinta berjuta rasanya
Dipandang dibelai amboi rasanya
Jatuh cinta berjuta indahnya
Tertawa menangis karena jatuh cinta

Oh asiknya….

Suara Eddy Silitonga sangat enak terdengar kala mendendangkan syair lagu tempo doeloe yang berjudul “Jatuh Cinta”. APA ITU CINTA? Banyak orang yang salah mendefinisikan kata CINTA dengan NAFSU. Lagu Eddy Silitonga sangat cocok menjelaskan fenomena JATUH CINTA.

CINTA adalah sebuah PROSES, di mana kita merasa senang disentuh, dibelai, dan bisa tertawa juga menangis BERSAMA. Saya tekankan lagi kata PROSES dan BERSAMA….

Maka dari itu harus dipahami beberapa MITOS tentang cinta.

1. Cinta itu Buta
Cinta tidak buta. Cuma kebodohan yang bikin orang buta. Jadi bukan salah cinta, tapi salah orang itu kenapa mau bodoh, terjerat oleh NAFSU.

Waktu kita jatuh cinta, segala hal yang negatif disembunyikan. Sejalan dengan waktu, hal yang tersembunyi ini menjadi masalah di kemudian hari, ketika tak ada tempat lagi untuk menyembunyikannya.

2. Cinta harus berkorban dan diperjuangkan
BETUL, jika Anda sudah berkeluarga atau punya anak. Berkorban untuk keluarga dan anak adalah salah satu bentuk cinta. Tapi kalo sekedar masih pacaran saja, mending perjuangkan dulu kebutuhan finansial Anda dan hubungan dengan keluarga atau teman. Bagi yang masih sekolah/kuliah, perjuangkan dulu pendidikan Anda.

Jangan ketipu dengan film2 drama korea, film2 holywood, apalagi bolywood dan cerita semacam Romeo & Juliet. Utamakan keluarga dan teman dekat Anda yang sudah dikenal bertahun-tahun, daripada kekasih Anda yang baru dikenal beberapa tahun, apalagi hanya beberapa bulan.

3. Dialah cinta sejatiku (he/she is the one)
OMONG KOSONG…BULLSHIT!!! Di dunia ini ada 3 miliar lebih lelaki dan 3 miliar lebih wanita. Kemungkinan dia merupakan cinta sejati adalah 1 banding 3 miliar, darimana Anda bisa seyakin itu. Kalo Anda merasa dia adalah orang paling special, mungkin anda belum ketemu yang lebih special.

Sangat berbahaya bila kita jatuh cinta berdasarkan menyukai kekasih hanya sebatas kriteria yang kelihatan, walaupun kita sadar, banyak hal dari dirinya yang kita tidak suka, tidak cocok. Jika kita tergila-gila kepada seseorang hanya karena senang karena kriteria-kriteria tertentu, maka itu bukan jatuh cinta, tetapi hanya RASA INGIN MEMILIKI.

4. Cinta bisa mengatasi semua masalah
BETUL…tapi cinta tidak melenyapkan semua masalah, MASALAH TETAP ADA DAN HARUS DIHADAPI/DISELESAIKAN. Banyak orang berpikir, jika kita mempunyai cinta, maka segala masalah akan teratasi. Seakan-akan cinta itu obat bagi segala penyakit relasi. Cinta hanya bisa membuat sepasang kekasih lebih berani dalam bertindak dan tahan dalam berjuang menghadapi masalah yang ada.

Suatu ketika kita sadar bahwa karakter pasangan kita banyak kekurangan sehingga membuat ketidakcocokan hidup bersama, lalu masalah lain pun menumpuk. Apakah persoalan relasi antarpasangan itu tadi bisa diatasi dengan cinta belaka? Faktanya, cinta tidaklah seajaib itu. Maka, cinta saja tidak cukup. Harus menjadi CINTA KASIH untuk lebih kuat.

Categories: Mitos-mitos Cinta | 1 Comment

Post navigation

One thought on “MITOS-MITOS TENTANG CINTA

  1. Sri

    Kita tidak bisa menolak cinta ketika ia datang, ikuti saja arusnya mengalir.., dan waktu yang akan memproses akhir dari cerita cinta itu.
    Biasanya setelah melewati masa pengenalan, penyesuaian, melewati masalah bersama, baru akan tahu apakah benar ia cinta sejati kita.
    Mulailah segala sesuatu dengan keterbukaan dan kejujuran. Sehingga kekasih kita bisa membaca dengan jelas siapa kita sebenarnya.
    Tidak ada manusia yang sempurna. Yang ada hanyalah bagaimana kelebihan kita bisa menutupi kekurangan kekasih/pasangan kita, dan kelebihan kekasih/pasangan kita bisa menutupi kekurangan kita.
    Cinta itu anugerah…, bersyukur dan berbahagialah jika kita masih memiliki dan mendapatkan cinta. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: