GOD DOESNT ROLL DICE

TUHAN TIDAK MELEMPAR DADU – Albert Einstein

Tuhan yang dimaksudkan dalam ungkapan ini bukan tuhan yang berwujud personal seperti Dewa Zeus, Odin, dan sebagainya, melainkan alam semesta beserta semua entitas di dalamnya. Maksud dari ungkapan ini adalah, setiap kejadian didunia ini maupun hari esok yang akan terjadi bisa DIPREDIKSIKAN HAMPIR 99% AKURAT. Tidak ada yang namanya peristiwa acak (terjadi secara tiba-tiba). Alam semesta ini sejak terbentuk sudah ada aturan/hukum atau pola yang bekerja.

Contohnya begini:
Saya ketik kata “THAN_ YO_”, maka teman-teman sudah bisa memprediksi itu kata THANK YOU. Karena memang sudah ada polanya dan kita bisa memprediksinya karena mengetahui informasi tsb.

dice

Untuk memprediksi masa depan, tidak butuh ilmu ramalan Mama Lauren, Baba Vanga, atau Nostradamus, melainkan kita membutuhkan INFORMASI yang sangat banyak. Contoh sederhananya seperti para pialang saham memprediksi naik/turun market, atau para ahli cuaca memprediksi cuaca.

Untuk memprediksi masa depan seseorang maka kita membutuhkan banyak informasi mengenai seseorang itu, keluarganya, teman-temannya, aktivitas hariannya dan lingkungan dia berinteraksi. Jika semua informasi itu bsia dipetakan dalam sistem komputer, maka komputer bisa mengeluarkan prediksi orang tersebut 5 tahun kedepan, 10 tahun, bahkan sampai keturunannya.

Hanya saja kapasitas otak manusia terlalu kecil untuk memproses semua informasi yang ada di alam semesta ini dalam sekejab sehingga manusia hanya bisa mengetahui sebagian kecil saja. Dan karena keterbatasan ini membuat banyak kejadian yang terlihat acak (kebetulan). Padahal tidak demikian, sebelum suatu kejadian terjadi sudah ada pemicunya.

Suatu saat nanti, akan ada sistem pemantauan dimana-mana menggunakan CCTV. Baik di jalanan, gedung, maupun di perumahan. Iya, termasuk di perumahan…sekarang ini sudah banyak orang pasang CCTV di depan rumah menghadap ke pagar sendiri dan ke pagar tetangga supaya sesama tetangga bisa saling memantau lingkungan apabila ada orang ga dikenal yang mencurigakan masuk ke lingkungan. Bahkan di atas langit juga ada satelit pemantau yang mengawasi tiap titik diatas bumi.

cctv10c

Ditambah lagi saat ini sudah banyak jejak digital seseorang yang bisa di lacak, misalnya saja ketika orang itu menggunakan kartu kredit/debit untuk berbelanja. Dan kemarin, Ahok ke Mall Mangga Dua untuk sosialisasikan penggunaan e-money, dan di masa depan orang-orang belanja tidak lagi membawa uang kontan banyak-banyak, melainkan sudah digantikan dengan kartu-kartu digital tersebut.

Dan ketika era tersebut tiba, berarti input informasi sudah lebih lengkap dan bisa dibuatkan sebuah Behavior Intelligence yang bisa memprediksi pola aktivitas seseorang dan keterkaitannya dengan orang lain. Jadi ketika seseorang itu ada potensi untuk membahayakan orang banyak, maka petugas keamanan bisa bertindak duluan untuk mencegahnya. Misalnya untuk mencegah tabrakan yang diprediksi akan terjadi 30 menit kedepan, polisi bisa bertindak duluan untuk mengalihkan arus.

Categories: God Does Not Roll Dice | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: