Mengapa Tikus Lemming Melakukan “Bunuh Diri” Massal? – Part 1

Salah satu objek hewan yang sering dijadikan cerita adalah cerita mengenai lemming (sejenis tikus es) yang melakukan bunuh diri massal dengan melompat ke jurang secara berjamaah. Yang jadi pertanyaan adalah mengapa terjadi hal demikian?

01

02

Tikus lemming, hidupnya berkelompok. Mereka membentuk suatu kecerdasan kolektif secara bersama-sama. Jika satu tikus melakukan sesuatu, tikus yang lain cenderung untuk mengikuti. Tikus jenis ini berkembang biak cepat sekali, dalam satu komunitas bisa ada ribuan tikus. Maka dari itu tikus lemming ini punya kebiasaan suka berpindah-pindah tempat tinggal.

03

Karena kecerdasan kolektif ini, saat tikus yang di barisan paling depan berlari, maka tikus yang dibelakang cenderung mengikuti berlari juga. Bahkan saat tikus didepannya terjun ke jurang, tikus yang dibelakang juga ikut melompat walaupun dia tidak mengerti kenapa harus melompat.

04

05

Saat tikus paling depan tau ada bahaya didepan mata, dia terpaksa harus melompat karena terdesak oleh dorongan dari tikus yang di belakang. Ironisnya saat yang depan melompat, yang belakang juga jadi ikutan melompat sampai ke tikus paling akhir.

06

Permasalahan tikus depan yang terdesak oleh dorongan tikus belakang, dan tikus belakang yang selalu mengikuti tikus depan, disebut LEMMING DILEMMA. Perilaku ini sering terlihat seperti aksi “BUNUH DIRI” secara massal, padahal bukan demikian.

07

08

BERSAMBUNG KE PART-2
Mengapa Tikus Lemming Melakukan ‘Bunuh Diri’ Massal? – Part 2

Categories: 'Bunuh Diri' Massal Tikus Lemming - Part 1 | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: