Memulai Bisnis Multimiliar

Pertanyaan paling umum yang sering ditanyakan orang yang INGIN MEMULAI berbisnis adalah: BAGAIMANA?

Sebenarnya orang itu bukan sama sekali tidak tahu, tetapi pertanyaan tersebut muncul hanya sebagai ungkapan dari rasa tidak percaya diri saja. Dia sekedar membutuhkan dukungan mental dari orang-orang sekitar, atau untuk mencari suatu pendapat yang paling umum.

01

Cara paling gampang untuk memulai suatu bisnis adalah MENGIKUTI orang yang sudah menjadi pelaku bisnis. Hampir setiap orang punya kerabat atau teman yang lebih senior, yang sudah menjalankan suatu usaha. Besar kecil usaha tersebut tidak masalah. Maka belajar dari dia, jadikan dia sebagai MENTOR.

Bagaimana dengan orang yang tidak punya koneksi kerabat atau teman yang menjadi pelaku usaha? Tetap sama, carilah mentor. Menjadikan seorang sebagai mentor, tidak harus seperti ayah dan anak, atau guru dan murid seperti di seminar-seminar bisnis. Bisa saja sebagai partner usaha, kerja dengan dia dan serap ilmu yang perlu dipelajari untuk jalan di jalannya.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis adalah MENYUKAI USAHA YANG ANDA JALANKAN.

02

Untuk membuka pikiran kita semua mengenai menyukai usaha yang dijalankan, saya ambil kutipan dari 2 orang terkenal. Pertama adalah Richard Branson (bos maskapai Virgin Airlines), mengatakan demikian: “Saya tidak memikirkan pekerjaan adalah kerja, dan permainan adalah bermain. Semua itu merupakan bagian dari kehidupan”

Kedua adalah Warrent Buffett bahkan dengan vulgar meng-ibaratkan dengan sex: “Sudah saatnya Anda mengerjakan hal yang Anda inginkan, atau bekerja di pekerjaan yang Anda sukai. Dan setiap paginya Anda akan bergegas bangun tidur untuk mengerjakan hal itu.

Jika Anda terus mengerjakan pekerjaan yang tidak Anda sukai, hanya supaya resume kerja (CV) Anda terlihat bagus, maka Anda sudah tidak waras. Itu sama seperti Anda menahan hasrat sexual Anda untuk digunakan di masa tua”.

Categories: 00 - Memulai Bisnis | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: