Takut Resiko Gagal? Ini Tips Cara Mengatasinya

Apa yang menjadi penghambat utama orang-orang yang berniat memulai bisnis? Memikirkan resiko gagal karena belum ada pengalaman. Dan saya yakin semua Business Coach selalu mengajarkan kegagalan adalah bagian dari pembelajaran. Maka dari itu mari kita sama-sama belajar dari orang-orang yang sudah mengalami kegagalan berkali-kali dan belajar cara mengatasinya.

03

Menurut statistik, ada 4 macam kategori utama yang membuat orang mengalami kegagalan.
#1 Produk / jasa yang tidak ada orang mau memakai
#2 Tenaga kerja tidak becus
#3 Tidak fokus
#4 Tidak pandai menjual

Dari fakta statistik diatas, maka kita harus menanamkan dalam mindset kita terlebih dahulu bagaimana cara untuk memulai bisnis yang resiko gagal lebih kecil (masih bisa gagal). Cara-cara berikut ini sudah terbukti efektif dari dulu sampai sekarang.

1. Suatu bisnis, selalu dimulai dulu dari komunitas, orang sekitar, teman dan keluarga. Cari tahu apa yang orang-orang sekitar suka, dan berikan tester untuk mereka mencobanya, bahkan gratiskan dulu. Semua orang pada umumnya bersedia untuk membayarkan hal yang mereka suka.

2. Rekrut / partner dengan orang yang bisa mengerjakan hal yang tidak bisa kita kerjakan. Misalnya Anda seorang pembuat kue yang handal, tapi anda kurang pandai atau tidak punya waktu untuk berjualan, maka Anda harus cari orang yang bisa menjual. Atau sebaliknya Anda jago menjual tapi Anda tidak pandai membuat kue, maka carilah orang yang bisa membuat kue dan Anda yang menjual. Jangan sampai Anda merekrut orang yang harus disuruh / diatur untuk mengerjakan pekerjaan yang Anda juga tidak pandai.

3. Ketika usaha Anda sudah mulai berjalan, jualan sudah mulai laku, berfokuslah pada kepuasan dan testimoni pelanggan. Tidak usah mengerjakan hal lain yang tidak berorientasi pada pelanggan. Jika pelanggang kecewa atau tidak puas, maka minta maaf dan segera perbaiki, kalo perlu segera gantikan.

4. Jika Anda membuka toko baik toko fisik maupun online, maka harus Anda sendiri dulu yang turun tangan menjualnya. Jika penjualan Anda sudah makin ramai dan kesulitan menangani sendiri, barulah Anda rekrut orang untuk membantu menjual. Terus tambah dan jaga relasi / kenalan untuk menciptakan langganan baru, jangan sekedar jualan untuk produk yang hanya sekali jual.

5. Yang paling penting, harus ditanamkan dalam mindset kita, kegagalan adalah sebuah ujian mental bagi seorang pengusaha. Makin sering gagal Anda akan makin sering memperoleh pengalaman dan pembelajaran. Dan Mark Zuckerberg berkata: “Resiko terbesar adalah tidak mengambil resiko sama sekali. Dunia sekarang berubah sangat cepat, resiko kegagalan yang pasti gagal adalah tidak mengambil resiko sama sekali”.

Categories: 01 - Mengatasi Resiko Gagal | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: