Bingung Mau Mulai Usaha Apa? Ikuti Saja Arus Zaman, Sekarang Zamannya STARTUP ENTREPRENEUR

Salah satu pertanyaan besar bagi seorang yang baru mau memulai usaha, adalah APA? Jawaban paling gampang tentu saja mengerjakan apa yang kita bisa, dan mengerjakan apa yang kita sukai. Yang jadi permasalahan adalah apa yang kita bisa dan apa yang kita sukai, ternyata sudah tidak memiliki nilai jual atau ada kendala peraturan. Misalnya ada orang yang menyukai usaha pertambangan, dia sudah kerja bertahun-tahun di perusahaan tambang, sudah mengumpulkan modal dan relasi untuk membuat usaha tambang kecil-kecilan. Tapi kemudiam BOOM!! Regulasi usaha pertambangan menjadi sulit dan mustahil untuk dia kerjakan lagi. Jika Kita berada di situasi demikian, dimana terjadi perubahan peraturan atau pergeseran zaman, apa yang harus Kita lakukan?

Kita BELAJAR HAL BARU, dan mulai menyukai hal baru. Mau tidak mau, kita harus ikuti perkembangan zaman atau hidup kita biasa-biasa saja ketinggalan zaman. Perhatikan dimana ada peluang usaha baru yang menghasilkan hal yang berguna bagi banyak orang dan memiliki suatu nilai jual. Untuk lebih gampang, perhatikan ilustrasi dibawah ini.

04

Ilustrasi diatas menggambarkan setiap peluang usaha dari setiap zaman. Sebelum zaman industri (sebelum 1780), pertumbuhan ekonomi dunia cenderung datar. Dan ketika zaman industri dimulai (penemuan mesin uap), ekonomi mengalami peningkatan berkali-kali lipat. Pabrik mulai melakukan produksi massal, transportasi secara massal, pembangunan massal, dan semua serba massal karena dipermudah oleh mesin.

Era industri ini makin mapan setelah ditemukannya cara mengebor dan mengolah minyak bumi, di awal 1900. Batubara yang sulit ditambang digantikan dengan mesin-mesin diesel. Industri transportasi berkembang pesat, distribusi barang menjadi gampang, bahkan sudah skala global. Dan menuju era kapitalisme. Kita bisa melihat suatu brand terkenal ada di berbagai belahan dunia. Misalnya Coca-Cola, Toyota, Mac Donald, dan sebagainya.

Bahkan di era pasar keuangan global, orang bisa jual beli perusahaan, hanya berdasarkan transaksi diatas kertas, dan berkembang menjadi BURSA SAHAM. Bukan hanya perusahaan saja yang bisa dijual, komoditas seperti besi, kopi, karet, minyak, bahkan mata uang juga bisa ditransaksikan melalui BURSA.

Secara singkat, ada 4 gelombang perubahan zaman yang berpengaruh pada perubahan perekonomian secara global. Perubahan itu menyebabkan sebagian mengalami krisis, tapi sebagian mendapatkan perpindahan arus uang akibat krisis tersebut.
#1 (1780) : Era industri
#2 (1900) : Era perburuan minyak bumi dan sumber energi
#3 (1930) : Era kapitalisme
#4 (1960) : Era bursa financial

Dan sekarang ini, kita semua sudah berada di era baru perekonomian, yaitu era Informasi. Berkat kemajuan teknologi informasi, internet, telekomunikasi dan satelit, mulai muncul pasar yang baru dan cara bermain yang baru. Pada awal tahun 1990an, banyak bermunculan perusahaan dotcom, dan beramai-ramai saling merebut pasar yang baru ini. Dan karena ketatnya persaingan banyak juga yang tersingkirkan. Tapi perusahaan-perusahaan yang bisa bertahan, mereka menggerakkan perekonomian jutaan bahkan miliaran US dollar setiap tahunnya.

Cara bermain di era Informasi ini pun sudah berubah total dari zaman sebelum-sebelumnya.
# Jika dulu orang saling bersaing dan saling memangsa, sekarang zamannya orang saling berkolaborasi dan membangun jaringan / sindikat usaha.
# Jika dulu orang berfokus pada expansi berbagai bidang usaha, sekarang zamannya orang berfokus pada (kecepatan) inovasi dan trend baru.
# Jika dulu orang berfokus pada produksi dan distribusi massal, sekarang zamannya orang berfokus pada fungsional dan nilai tambah bagi konsumen.

Zaman informasi ini zamannya muncul Mark Zuckerberg baru, yang kreatif dan bergerak lincah. Dan kita sebut sebagai START-UP ENTREPENEUR. Walaupun era ini sudah berjalan lebih dari 20 tahun, tapi era ini masih baru dimulai. Masih banyak gelombang-gelombang perubahan lainnya yang akan menyapu era Informasi ini.

Categories: 02 - Peluang Usaha Baru | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: