Berapa Nilai Komunitas Anda?

Berbisnis zaman sekarang bukan lagi sebuah persaingan individu. Kesuksesan bisnis kita tergantung dari seberapa jago kita membangun jaringan komunitas pertemanan. Untuk mengukur nilai dari suatu komunitas binis, kita ambil contoh PayPal.

05

PayPal awalnya bernama Confinity, didirikan tahun 1998. Dan kemudian baru berganti nama menjadi PayPal pada tahun 2000 setelah Elon Musk bergabung. Dan pada tahun 2002, PayPal kemudian diakuisisi oleh eBay dengan nilai $1.5 Miliar. (referensi https://en.wikipedia.org/wiki/PayPal).

Saat PayPal di akuisisi, para pendiri PayPal saat itu berusia di awal 30an. Meskipun sudah menjadi orang kaya baru, mereka tetap menjaga hubungan pertemanan. Sering berkumpul bareng untuk berbagi pengalaman, informasi, koneksi dan strategi baru untuk membangun bisnis lainnya.

Hasilnya?

# Elon Musk mendirikan Space X and Tesla (Saat ini bernilai lebih dari $30 miliar)
# Reid Hoffman mendirikan LinkedIn (Saat ini bernilai lebih dari $25 miliar)
# Peter Thiel mendirikan Palantir (Saat ini bernilai lebih dari $20 miliar)
# Steve Chen and Chad Hurley mendirikan Youtube (Terjual ke Google sebesar $1.65 miliar)
# David Sacks mendirikan Yammer (Terjual ke Microsoft sebesar $1.2 miliar)
# Russel Simmons and Max Levchin mendirikan Yelp (Saat ini bernilai lebih dari $1.6 miliar)
# Dave McClure mendirikan 500 Startups (Melakukan investasi lebih dari 1,300 perusahaan kecil)
# Premal Shah menjadi president dari organisasi Kiva.org (Sudah mendanai lebih dari 1 juta pinjaman kecil)

Para pendiri PayPal menjual perusahaan mereka sebesar $1.5 miliar pada 2002. Dan di tahun 2016 ini, total nilai perusahaan-perusahaan baru yang mereka dirikan sudah bernilai sekitar $100 miliar. Buah dari perjalanan pertemanan mereka. Saling mendukung satu dengan lainnya merupakan tujuan awal mereka mendirikan perusahaan.

Peter Thiel, salah satu pendiri PayPal berkata : “Saya ingat satu pembicaraan dengan Max saat kami memulai PayPal, saya ingin mendirikan sebuah perusahaan dimana semua orang adalah sahabat yang baik. Apapun nasib perusahaan, pertemanan itu akan selalu baik-baik saja”

Sukses di zaman ini, BUKAN lagi ditentukan oleh seberapa kuat keinginan pribadi kita sendiri untuk sukses. Sukses zaman ini ditentukan oleh seberapa banyak orang tepat di komunitas kita yang ingin kita sukses. Komunitas para pendiri PayPal merupakan contoh nyata.

Zaman ini, kita sudah hidup di dunia Networking (jaringan pertemanan). Memikirkan cara-cara untuk meningkatkan nilai komunitas menjadi hal yang paling penting dalam bisnis.
# Apa yang bisa kita lakukan untuk menambah jaringan pertemanan?
# Apa yang bisa kita lakukan untuk memberikan nilai tambah bagi komunitas pertemanan?

Reid Hoffman, salah satu pendiri PayPal dan pendiri LinkedIn, menambahkan : “Di era Networking ini, kita semua seperti anak kecil di film ‘The Sixth Sense‘. Jika kita memasuki suatu ruangan dan tidak ada orang yang kita kenal sama sekali, kita harus periksa ulang denyut nadi kita”.

Categories: 03 - Nilai Sebuah Komunitas | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: