Mengenal Tipe-tipe Wirausaha

Setiap orang dilahirkan untuk menjadi jenius, di bidangnya masing-masing. Seekor ikan dilahirkan sebagai jenius perenang, seekor burung dilahirkan sebagai jenis terbang, seekor monyet dilahirkan sebagai jenius pemanjat pohon. Jika seekor ikan menjalankan peran sebagai pemanjat pohon, maka seumur hidup ikan itu akan meyakini dirinya paling bodoh. Demikian juga karakter seorang wirausaha, jenius di bidangnya masing-masing.

Salah satu film terhebat sepangjang masa, adalah Trilogi STAR WARS karya George Lucas. Sebenarnya ini film ini begitu sederhana, mengisahkan perjalanan Heroic seorang Jedi menjadi Jedi Master dan mengalahkan penjahat yang menguasai galaxy. Yang akan dibahas dari film ini, adalah awal Trilogi Star Wars (episode 4, 5 ,6). Film ini disajikan dengan apik dengan metode “Panggilan Awal Petualangan”, kemudian “Ujian Perjalanan”, dan “Kembalinya Seorang Pahlawan”.

Pada film Trilogi awal, disajikan 8 tokoh yang mendukung kesuksesan film tersebut.

06

Cara penyajian karakter dan cara bercerita, George Lucas terinspirasi oleh buku “Hero’s Journey” (Perjalanan Pahlawan karya Joseph Campbell. Jika Anda ingin menjadi seorang wirausaha, saya sarankan Anda menonton film Star Wars ini terlebih dahulu karena banyak inspirasi yang bisa diambil dari cerita ini. Setiap tokoh dari cerita itu menjalani kisah sukses yang berbeda-beda.

Roger James Hamilton memberikan analogi / perumpamaan karakter Star Wars dengan pengusaha sukses di dunia nyata. Siapa tokoh dan riwayat dari nama-nama orang sukses ini silahkan googling sendiri. Mencari informasi juga termasuk salah satu kiat sukses sebagai pengusaha.

#1. CREATOR (Sang Petualang – Luke Skywalker) – selalu melibatkan diri dalam masalah, kemudian dengan intuisinya memperoleh jalan keluar terhadap permasalahan. Seorang creator, selalu berkeinginan untuk membuat sesuatu yang baru, tapi seringkali terlalu over optimis dan gagal di implementasi akhirnya. Creator yang sukses fokus pada inovasi produk, dan urusan implementasi diserahkan ke orang lain. Tokoh sukses yang serupa dengan ini : Steve Jobs, Richard Brenson, Walt Disney, dan Elon Musk.

#2. STAR (Sang Jagoan – Hans Solo) – berusaha keras melakukan apa saja, termasuk melanggar aturan, dan menjadi sorotan perhatian untuk menyelesaikan misi yang diemban. Seorang star paling cocok di bidang promosi. Mereka mudah menjadi sorotan perhatian dan memperkenalkan suatu brand / produk. Seorang star biasanya dominan, dan akan frustasi jika mengharapkan orang lain mengikuti standar seperti dirinya. Seorang star seharusnya membiarkan orang lain mengerjakan hal manajemen dan dia berfokus untuk tampil sebagai brand. Tokoh sukses yang serupa dengan ini : Arnold Schwarzenneger, Oprah Winfrey, David Copperfield, David Beckham.

#3. SUPPORTER (Tim Player – Chewbacca) – mengenal kesuksesan melalui kerja sama tim. Seorang supporter adalah public relation yang hebat. Dia bisa mengikat / mengatur sumber daya manusia yang ada di sekelilingnya menjadi nilai tambah bagi orang yang membutuhkan. Banyak supporter melakukan kesalahan dengan menanyakan “bisnis apa yang harus saya mulai”, padahal seharusnya dia bertanya “siapa creator yang harus saya dukung”. Tokoh sukses yang serupa dengan ini : Jack Welch, Meg Whitman, Steve Ballmer.

#4. DEAL MAKER (Negosiator – Jabba The Hutt) – semua kesuksesan berasal dari kepiawaian untuk membuat negosiasi. Tipe ini paling jago memanfaatkan ide dan sumber daya, menjadi suatu nilai tambah bagi semua pihak. Deal Maker selalu bergerak kesana-kemari, untuk mencari timing dan berkenalan dengan orang yang tepat untuk bertransaksi. Kesalahan umum seorang Deal Maker biasanya mereka mencoba buka usaha sendiri yang mengharuskan dia melakukan semua detail, padahal dia harusnya fokus mencari timing / berkenalan dengan orang yang tepat, sedangkan urusan detail diserahkan pada orang lain. Tokoh sukses yang serupa dengan ini : Donald Trump, Masayoshi Son, Rupert Murdoch.

#5 TRADER (Juru Damai – Princess Leia) – selalu mencari keseimbangan menggunakan cara pertukaran yang adil dan wajar. Seorang trader sebenarnya mirip dengan deal maker, bedanya seorang trader tidak mengikatkan dirinya pada sumber daya dan relasi yang ada. Seorang trader memperoleh keuntungan justru dengan menukarkan aset yang dia miliki. Trader yang sukses bisa menganalisa / mengendalikan timing yang tepat untuk melepas dan menguasai aset. Tokoh sukses yang serupa dengan ini : Peter Lynch, George Soros, Carl Icahn.

#6. ACCUMULATOR (Organizer – C3PO) – selalu menempatkan segala sesuatu menurut aturan yang semestinya, dan khawatir jika tidak demikian. Seorang Accumulator adalah seorang manager perusahaan yang handal. Mereka sangat disiplin dan memperhatikan detail dari setiap pekerjaannya, dan pandai mengumpulkan aset sedikit demi sedikit. Seorang accumulator akan gagal ketika dia terlalu mengandalkan dirinya sendiri untuk mengerjakan setiap detail, maka dia harus memiliki tim yang bisa di delegasikan pekerjaannya. Tokoh sukses yang serupa dengan ini : Warren Buffett, Li Ka Shing, Carlon Slim.

#7. LORD (Bijaksana – Yoda) – selalu menempatkan sudut pandang yang objektif diluar masalah, menganalisa, dan mengambil keputusan. Di dunia bisnis, seorang Lord sangat rajin mempelajari / mendalami suatu bidang usaha. Mereka menyukai angka dan data, menghindari politik dan ramah tamah. Mereka menganalisa suatu aset, dan menjadikan suatu aset sebagai mesin penghasil uang. Seorang Lord bisa menghasilkan uang dari industri minyak tanpa harus memiliki ladang minyak. Mereka tidak memerlukan timing yang tepat, tidak membutuhkan inovasi baru, tapi bisa terus menerus bisa memutar cash flow. Tokoh sukses yang serupa dengan ini : Andrew Carniege, Larry Page, John D Rockefeller.

#8. MECHANIC (Teknisi – R2D2) – orang yang senang bekerja dibelakang layar, memperhatikan segala detail dan memperbaikinya. Seringkali, karena terlalu detail dalam pekerjaan, orang sering menilainya sebagai orang yang lamban. Seorang Mechanic membongkar sesuatu yang bermasalah dan kemudian memasangkan kembali dengan perbaikan. Jika seorang Creator jago dalam memulai sesuatu, maka seorang Mechanic yang jago menyelesaikannya. Tokoh sukses yang serupa dengan ini : Mark Zuckerberg, Ray Kroc, Jeff Bezos.

Dari 8 karakter pahlawan ini, mana yang menjadi favorit Anda? Kemungkinan karakter jiwa pebisnis Anda juga demikian. Maka dari itu, Anda harus cari seorang mentor / role model yang sesuai karakter Anda supaya nasehat bisnis yang diberikan bisa diterapkan. Jadikan perjalanan bisnis Anda sebuah petualangan yang sesuai dengan alur karakter Anda. Demikian maksud sederhana dari ilustrasi diatas.

Dan tiap karakter ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

06 - 2

Pebisnis yang sukses memfokuskan diri pada keunggulannya sendiri, dan berparner dengan orang lain untuk mengatasi kekurangannya. Dengan demikian kisah petualangan yang epic baru bisa terjadi sampai akhir.

Categories: 04 - Mengenal Tipe-tipe Wirausaha | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: