BUBUR PEDAS (Hakka: LAT MOI)

BUBUR PEDAS (Hakka: LAT MOI)

lat_moi

Makanan unik ini aslinya dari Sambas, Kalimantan Barat. Biasanya dijual pada saat malam hari saja. Bubur yang panas, dengan rempah-rempah pedas yang menghangatkan. Sebenarnya tidak pedas gimana, pedasnya seperti pedas merica atau pedas jahe.

Untuk rasa, agak sulit saya jelaskan, karena rumit sekali. Bayangkan saja makan masakan kari, tapi tanpa santan, dan aroma spicy tersebut bercampur pahit manis aneka sayuran.

Dilihat dari penampilannya, sudah sangat jelas kalo isinya Bubur Sayuran. Tapi jangan salah, untuk membuat bubur pedas ini, tidak segampang yang terlihat di penampilan. Ada 3 tahapan penting untuk menyajikan bubur yang unik dan nikmat ini.

Masih ada sedikit unsur berasnya juga. Yang menarik adalah, beras yang dijadikan bubur ini sudah ditumbuk dan disangrai terlebih dahulu bersama kelapa parut, sehingga ada aroma gosongnya dan wangi serundeng.

Tahap kedua adalah campuran bumbunya. Yang dibuat dari bawang merah, bawang putih, lengkuas, serai, lada, dan aneka bumbu lainnya (googling sendiri). bumbu yang dihaluskan itu juga disangrai terlebih dahulu.

Tahapan terakhir baru campur tuh beras yang udah disangrai dengan bumbunya, lalu campurin juga aneka sayuran yang udah dicincang. Sayur utama: pakis, daun kunyit, daun kesum, kacang panjang, taoge, dan jagung.

Proses penyajian yang berbelit ini, yang kemudian menghasilkan rasa spicy yang sulit dijelaskan dengan kata-kata. Ada rasa manis, asin, pahit, dan pedas. Yang penting kombinasi rasanya jadi enak, terutama dinikmati saat malam hari.

Bubur Pedas yang difoto ini, dinikmati di Jl Krendang Raya, Jembatan Lima. Untuk mencari warungnya, masuk saja ke jalan krendang sampai ujung (kira-kira 500 meter), trus belok ke kiri. Sekitar 50 meter di sebelah kiri jalan, ada warung kecil terang benderang tulisan LAT MOI / BUBUR PEDAS. Sebelum warung itu, ada gerobak tenda jualan bakmi.

Soal harga, tenang saja…kurang lebih 2x harga bubur ayam abang-abang. Memang rasanya agak mahal, tapi melihat proses pembuatan yang rumit dan rasanya yang unik dan nikmat, saya rasa wajar saja.

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: