ES PISANG IJO

Es Pisang Ijo @Tj Duren

 

Dalam suap pertama, tercium wangi aroma santan kental yang bercampur susu kental dan sirup. Pisangnya terasa lembut ketika digigit, ada aroma pandan dari kulit pembungkus berwarna hijau yang rasanya kenyal seperti onde-onde. Kacang merahnya empuk dan manis. Suap berikutnya membuat tenggorokan terasa adem, cocok dinikmati ketika siang hari yang panas.

Es Pisang Ijo, begitulah nama menunya. Minuman enak ini aslinya dari daerah Makassar, oleh karena itu sering disebut juga Es Campur Makassar.

Yang unik dari es ini adalah Pisang Ijo. Pisang Raja dibungkus dengan kulit yg terbuat dari adonan tepung beras yang berwarna hijau, kemudian dikukus. Kulit berwarna hijau karena tercampur dengan sari pandan, jadi aroma pandan ini juga menambah ciri khas dari es pisang ijo. Bahan lainnya adalah kacang merah rebus, es serut, susu kental manis, sirup, dan santan.

Untuk mencapai tempat yang menjual es ini, cukup mudah. Cara paling gampang adalah melalui jalan di belakang Mall Ciputra, Grogol. Dari jalan kecil dibelakang mall, belok kanan menuju arah daerah Tanjung Duren. Jika ketemu pertigaan pertama, lurus saja sampai nanti ada ketemu satu pagar masuk perumahan, lalu belok kiri. Sekitar 100 meter dari sana, stok kendaraan Anda. Kedai Es Pisang Ijo ada di sebelah kanan jalan.

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: