Gudeg Solo Adem Ayem

gudeg_solo

Merupakan makanan khas Yogyakarta dan Solo. Yang disebut gudheg itu adalah sayur nangka yang dimasak santan dan campuran bumbu gudheg, sehingga warnanya jadi kecoklatan dan rasanya manis. Gudeg di Yogyakarta biasanya kering, sedangkan gudeg di Solo versinya basah dan kuah santannya putih kental.

Selain sayur nangka, yang menjadi ciri khas gudheg adalah sambal krecek, yaitu krupuk kulit sapi yang dimasak dengan tahu, tempe, sambal dan santan. Tapi tidak terlalu pedas karena cabenya menggunakan cabe kering dan tidak dipotong. Hanya sedikit sensasi rasa pedas aja (spicy).

Dan satu lagi lauk andalan untuk menemani nasi gudheg adalah opor ayam kampung. Yaitu ayam kampung yg dimasak dengan bumbu opor yg bersantan, biasanya dimasak sampai empuk dan bumbunya meresap dalam daging. Jadi begitu digigit dan dikunyah, air kaldu dan bumbunya langsung meleleh di lidah…maknyosss.

Gudeg di foto ini diambil dari Rumah Makan Adem Ayem, di Jl Slamet Riyadi, Solo. Di Jakarta ada cabangnya juga di Jl Sangaji, Jakarta Barat.

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: