HAM-KE (Kue Kerang)

Ham-Ke

HAM-KE (Kue Kerang)

Makanan ini merupakan hidangan khas daerah BAGAN SIAPIAPI. Tampilannya tidak menarik, tapi rasanya sangat unik. Kenyal-kenyal seperti makan kue mochi, lalu ketika digigit terasa rasa kerang, dan ada wangi gurih dari telur bebek dan kuchai yang digoreng. Biar lebih mantap, cocol dengan sambal cuka yang diblender dengan bawang putih mentah.

Terbuat dari kerang mentah yang digoreng dengan campuran tepung sagu, terigu, kuchai, tauge, dan telur bebek. Proses mengolahnya agak rumit, karena harus diambil daging kerang yang masih segar supaya tidak amis. Biasanya menggunakan kerang dara hidup, dimasukin ke dalam kulkas sehingga mati, lalu baru dikupas dan ambil dagingnya dan diseduh dengan air panas. Baru kemudian digoreng dengan campuran adonan tepung dengan sedikit minyak saja biar tidak lengket di kuali. Jika minyak terlalu banyak, maka jadinya juga tidak enak.

Di daerah Jakarta, kuliner Bagan bisa ditemui di Jln, K, daerah Teluk Gong (terusan Jl Bandengan). Jln K itu jalanan samping Superindo di Teluk Gong, sebelum sampai kios-kios yg banyak jual handphone dan segala macam. Sepanjang Jln K itu banyak warung kuliner Bagan. Saya tidak tau warung mana yang paling enak Ham-Ke nya, rata-rata hampir sama rasanya. Ibaratnya makan telur ceplok di Warung A dengan telur ceplok di Warung B, hampir sama.

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: