NASI GORENG SPECIAL HEKENG BAKSO IKAN

NASI GORENG SPECIAL HEKENG dan BAKSO IKAN

Nasi goreng merupakan kuliner yang umum dijumpai di Indonesia, cara menyajikannya gampang dan rasanya enak.

Walaupun nasi goreng adalah kuliner yang umum, namun cara penyajian yang berbeda rasanya menjadi beda pula. Untuk kesempatan kali ini saya mencoba nasi goreng dengan bumbu resep Indofood (tanpa bermaksud promosi).

Rasanya sangat memuaskan, wangi, harum, dan dimakan dengan ditemani lauk hekeng yang gurih dan bakso ikan yang kenyal.

Pertama, saya goreng dulu hekeng, yaitu semacam nugget udang campur daging babi yg dicincang dengan berbagai bumbu, salah satu makanan khas Pontianak. Jangan tanya saya cara membuatnya, saya juga tidak paham. Di Jakarta Hekeng yang udah jadi bisa beli di sekitar sunter, pangeran jayakarta, dan daerah krendang.

Sambil goreng hekeng, saya larutkan bumbu Indofood dengan sedikit air dalam mangkok sehingga encer. Saya lakukan ini dengan maksud supaya nanti bumbunya meresap lebih merata ke dalam nasi.

Setelah selesai goreng hekeng, minyaknya disisakan dikit untuk mulai menggoreng nasi. Maksudnya adalah biar minyaknya masih ada aroma hekeng dan nanti meresap ke dalam nasi goreng.

Untuk mendapatkan tekstur nasi goreng yang bagus, kering dan tidak nempel, sebaiknya nasi putihnya dimasukan dulu ke dalam kulkas semalaman.

Sambil ongseng-ongseng nasi goreng, saya mulai memasukan telur yg sudah dikocok, bakso ikan, dan kemudian menyiramkan larutan bumbu indofood tadi. Dan terus goreng sampai nasinya terlihat kering dan keluar aroma wangi bumbu.

Disini saya tidak memasukan telur dulu sebelum memasukan nasi ke wajan, karena goreng telur sangat boros minyak. Dan minyak yg ada aroma hekeng itu nanti terserap oleh telur dan nasinya jadi kurang berasa. Maka saya sengaja tunggu nasinya udah panas, baru tuangkan telur kocok dan bumbu indofood.

Setelah itu nasi goreng siap dihidangkan….

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: