NASI RENDANG

nasi-rendang

RENDANG

Rendang adalah cara memasak ala Minang. Aslinya rendang ala minang adalah gulai (sapi atau ayam), dimasak berjam-jam dengan api kecil sampai kuah santan kering dan terserap sempurna dlm daging. Menurut saya, rendang adalah cara masak yg paling sedap di Indonesia.

Nasi rendang gampang ditemui di warung-warung makan padang di berbagai daerah. Rendang ala Minang paling mantap yg pernah saya coba adl rendang di “RM Selamat” di kota Padang. Lokasinya dekat Pasar Raya, ruko kecil ada plang diatasnya, gampang nyarinya tanya org sekitar pasar juga tau, tapi sulit beli rendangnya. Biasa jam 12 udah habis, krn memang specialnya rendang. Jika ada kesempatan mengunjungi kota Padang, cobalah mampir buat mencicipi rendangnya. Saya dpt info sekarang RM Selamat sudah melayani pengiriman ke luar kota, pesan lewat telp di (0751) 812481.

Dan menurut saya ada 2 versi rendang, ala Minang dan ala Jawa. Rendang Minang biasanya lebih kering, warna kehitaman, rasanya asin, pedas, dan sedikit pahit, bahkan dagingnya agak keras karena dimasak lama tapi bumbunya meresap sampai ke serat-serat daging.

Sedangkan rendang Jawa yg banyak ditemui di rumah makan padang pada umumnya, berwarna kecoklatan, agak berkuah, dan rasanya manis-asin-gurih. Seperti di foto ini, saya foto dari RM Sari Bundo, salah satu resto masakan padang yang terkenal di Jakarta. Tapi utk mendapatkan foto nasi rendang ini saya harus bayar cukup mahal, 47rb seporsi (kalo di warung padang, menu nasi rendang gini cuma 20an). Krn emang kelas restoran, dagingnya lebih gede, dan termasuk pajak dan service charge.

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: