PIE SUSU

PIE SUSU a.k.a TART SUSU (Egg Tart)

Kue ini merupakan salah satu kue tradisional Kalimantan. Dari namanya saja sudah mencerminkan rasanya, yaitu SUSU. Yang unik dari kue ini adalah perpaduan kulit cookies yang garing dengan adonan susu yang lembut dan manis. Sangat cocok dinikmati ketika kue ini sudah didinginkan dalam kulkas.

Kue ini ada dua bagian utama. Yang pertama adalah bagian yang keras, terdiri dari campuran adonan terigu, mentega, vanila, telur, dan sedikit gula. Sama seperti bahan untuk membuat kulit nastar. Dicampur dan diadon lalu dibentuk ke dalam piring, seperti pada foto

Bagian kedua adalah adonan susu. Yang terdiri dari susu cair, telur, krim, agar-agar cair, gula. Dikocok hingga tercampur rata dan menjadi kental.

Adonan yang menjadi bagian keras, dipanggang dulu hingga agak keras, kemudian keluarkan dari oven, baru tuangkan adonan susu. Kemudian panggang lagi hingga adonan menjadi keras.

Saya tidak begitu paham dengan resep kue, tapi kira-kira demikianlah resepnya.

2 Comments

2 thoughts on “PIE SUSU

  1. farha

    Mau tanya… itu agar2 cair mksd’y agar2 bubuk yg udh di cairkan dgn cara dimasak atau cm dikasi air putih biasa…?

    • Isi tengahnya itu dibuat dari telur (kuning + putih) dan susu kental. Telurnya diaduk dengan pelan pakai garpu sampai bercampur dengan susu kental. Jangan kencang apalagi dikocok, nanti malah berbuih dan mengembang.

      Agar-agar bubuk dimasak bersama gula + susu cair. Setelah matang campur dengan susu + telur kocok tadi, lalu tuangkan ke adonan kulit. Agar-agarnya jangan terlalu banyak, fungsi agar-agar cuma membuat permukaan kelihatan licin dan bagus. Kalo agar-agar kebanyakan nanti malah jadi puding.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: